Tips Merawat Standar Tengah Motor

Tips Merawat Standar Tengah Motor standar tengah motor (foto istimewa)mogto

Sepeda motor umumnya memiliki standar samping dan standar tengah seperti pada motor bebek, skutik, dan beberapa motor sport. Bro n sist yang suka duduk berlama-lama di motor biasanya menggunakan standar tengah. Anto, mekanik bengkel Tunas Baru Motor di jalan Akses UI No. 9F Depok menyarankan agar pengendara jangan menduduki motor yang sedang distandar tengah karena bisa membuat as standar tengah cepat bengkok.

Untuk merawat as standar tengah, pengendara motor juga harus rutin memberikan pelumas setiap 3 atau 6 bulan sekali. As standar tengah ini ada di sasis bagian bawah yang fungsinya sebagai engsel sekaligus penghubung standar tengah dengan sasis dan diberi pegas agar dapat melipat. As standar tengah rawan karat dan kerap terkena debu serta air kotor. Perawatan yang minim bisa membuat as standar tengah lama-lama bisa mengunci karena sulit berputar.

Jika sudah berkarat, berkerak atau bengkok, as standar tengah susah dilepas dan harus dibawa ke bengkel bubut. Perawatan lain yang dilakukan saat musim hujan dengan mencuci bagian as standar tengah menggunakan air bersih bertekanan lalu diberi pelumas setelah motor terkena hujan.