POPULAR STORIES

Tips Nyaman Pakai Skutik Bongsor Ala Anak Komunitas

Tips Nyaman Pakai Skutik Bongsor Ala Anak Komunitas Tips Mudik Lebaran Idul Fitri Nyaman Pakai Skutik Bongsor Ala Anak Komunitas (Kipli)

KabarOto.com - Belakangan skuter matik bongsor banyak diminati. Alasannya pun beragam, mulai dari riding position yang nyaman untuk jarak jauh, ruang penyimpanan lega, sampai kapasitas mesin yang besar menjadi keunggulan tersendiri yang tak dimiliki skuter matik dengan ukuran medium pada umumnya.

Berbagai merek mulai meluncurkan skutik ini, namun banyak juga konsumen yang mengoprek sendiri tunggangannya, agar bisa digunakan secara optimal. Salah satu komunitas yang aktif dalam hal tersebut adalah Aeromax.id.

Baca Juga: Cek Throttle Body Motor Supaya Enggak 'Ngadat' Dipakai Mudik

Minim ganti parts

"Untuk NMAX sebenernya enggak perlu perhatian khusus dalam maintenance, karena motor itu terbilang bandel di sektor CVT maupun mesin," buka Arief Ramadhany, Juru Bicara club tersebut.

Menurutnya, yang harus diperhatikan hanya parts fast moving seperti filter udara, kampas rem, oli, dan lainnya. "Kebetulan saya pernah punya matik merek lain, dengan kondisi jarak tempuh 8.000km CVT-nya sudah bergetar terutama ketika macet dan mesin sudah panas," bebernya.

"Dibandingkan NMax saya yang sudah berjalan 18 ribu km, CVT-nya aman sekali dan tidak ada getar sedikitpun meski jarak tempuh sudah lumayan jauh. Maka dari itu bulan lalu saya putuskan untuk lepas dari motor tersebut dengan ganti ke Aerox karena sudah teruji ketahanan mesin + CVT-nya," imbuh mantan penggeber Honda Brio itu.

Baca Juga: Tips Mudik Lebaran Idul Fitri Anti Jorok, Ini Cara Bersihkan Hand Grip Sepeda Motor

Parts substitusi

Lantas, apakah terdapat keluhan setelah menjajal NMAX? "CVT-nya sih agak ngorok sama sokbreker keras bikin sakit pinggang," keluh Rama.

Menurut pria single itu, solusinya adalah aplikasi sokbreker aftermarket seperti YSS tricity. "Lumayan mahal harganya sampai Rp 2 Juta, tapi kalau urusan CVT yang bawaan lahir kami belum nemu solusinya. Jadi, ya dinikmati saja bunyi itu," jelasnya.

Sobat yang minim budget, Rama punya bocoran kalau Suspensi bawaan NMax bisa disubstitusi pakai Honda Supra X 125 loh! "Tapi ubah anting bawahnya dulu, dijamin empuk deh karena saudara gue udah pakai," bebernya.

So, buat Sobat Kabaroto yang mau mudik pakai Nmax, bisa terapkan solusi di atas agar mudik dengan skutik bongsormu makin nyaman.