POPULAR STORIES

Tips Agar Bagian Penting Motor Tak Berkarat

Tips Agar Bagian Penting Motor Tak Berkarat Isi tangki bensin sampai penuh untuk cegah karat (foto: ist)

Bagi para bikers tentu tak ingin motor kesayangannya cepat berkarat, baik itu motor matic, motor gede atau jenis lainnya rawan berkarat mengingat komponennya banyak terbuat dari besi dari mulai rangka, tangki motor sampai knalpot, apalagi di saat cuaca tidak menentu. Tipe motor cowok atau naked juga rawan berkarat karena banyak bagian motor didominasi besi, khususnya bagian tangki motor pada motor cowok paling rawan berkarat karena berada di luar. Bagian tangki yang umumnya kerap terkena karat di bawah tangki yang sering terkena air tapi tidak dibersihkan sehingga kotoran mengendap di bawah tangki dan memicu timbulnya karat karena kadar asam dan polusi udara. Karat yang muncul pada tangki motor juga membuat motor menjadi boros bensin sehingga harus segera diganti. Rantai motor, bagian bawah motor seperti standart, velg yang bertipe ruji dan bagian-bagian lainnya juga paling sering terkena karat.

Berikut tips bagi para bikers untuk merawat motor agar tidak berkarat:

  1. Selalu isi tangki bensin sampai penuh. Tangki bensin berkarat karena tidak pernah diisi hingga penuh sehingga bagian yang tidak pernah tersentuh cairan bensin akan cepat berkarat karena bensin menguap yang mempercepat korosi.
  2. Cek celah-celah di sekitar tutup tangki supaya tidak ada lagi air yang bisa merembes masuk. Kuras tangki motor secara rutin setiap 6 bulan sekali lalu lapisi bagian dalam tangki dengan cairan antikarat
  3. Rutin membersihkan rantai motor 1 minggu sekali atau maksimal 1 bulan sekali, terutama selain motor matic yang menggunakan bahan besi. Bersihkan kotoran di rantai menggunakan sikat kecil atau bekas sikat gigi lalu beri rantai dengan pelumas khusus rantai motor, dan jangan gunakan pelumas bekas oli mesin karena akan mengurangi kinerja rantai.
  4. Bersihkan knalpot dari sisa air cucian atau air hujan yang mengendap di bagian leher knalpot. Jika tidak dibersihkan, endapan air ini akan menampung kotoran yang ikut pada air tersebut, sehingga memancing timbulnya karat .
  5. Untuk motor dengan velg tipe ruji atau ada unsur besi perlu lebih dibersihkan dan lap dengan kain kering, jangan sampai ada endapan air di velg. Termasuk bagian-bagian yang berdekatan dengan velg, seperti rem dan lainnya.
  6. Gunakan sikat kecil untuk membersihkan sela-sela mesin motor dan bagian bawah motor.
  7. Jika motor kotor atau habis terkena hujan, segeralah cuci motor dengan menggunakan air yang tidak mengandung zat garam. Gunakan juga shampo motor yang bagus untuk menjaga cat motor tidak kusam atau bisa menggunakan jasa cuci motor
  8. Lumasilah bagian yang mengkilap seperti velg, knalpot, mesin dan lainnya dengan mencampur solar dan oli lalu usapkan dengan kuas minimal 1 minggu sekali. Untuk knalpot minimal dua minggu sekali dengan cara mengolesi lubang knalpot dengan sedikit oli agar tidak terjadi pengeroposan pada bagian dalam knalpot.