Tips Sehat Berpuasa Untuk Pengendara Motor

Alif Sowandono
Alif Sowandono 24 Jun 2015 - 02:39
Tips Sehat  Berpuasa Untuk Pengendara Motor
dr Nita (foto: Muh Ramdani)

Mengendarai motor sekarang ini lebih disukai dibandingkan dengan mengendarai mobil atau naik angkutan umum, karena lebih cepat dan lebih murah. Berkendaraan motor harus memiliki konsenterasi dan stamina yang baik, selain itu resiko mengendari motor juga lebih besar, apalagi selama bulan Ramadan tahun ini cuaca di Jakarta cenderung panas. Tips Sehat Berpuasa bagi para Bikers pengendara Motor.

Puasa di bulan suci Ramadan adalah salah satu rukun islam, yang wajib bagi umat islam.Dalam menjaga kesehatan selama berpuasa, diperlukan stamina yang optimal. "Untuk berpuasa di bulan Romadhon ini selama sebulan penuh, hal yang, mutlak kita lakukan adalah menjaga kesehatan tubuh sebaik mungkin. "terang dr. Nita Nurhidayati, yang sedang menempuh gelar Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik Universitas Indonesia, saat di jumpai di tempat prakteknya di Jatiasih, Bekasi.

Beberapa tips ini mungkin dapat digunakan untuk para pengendara motor agar tetap sehat selama berpuasa, yang berhasil kami rangkum dari dr. Nita Nurhidayati :

1.Untuk menjaga keselamatan gunakan helm dan usahakan menggunakan helm berkaca agak gelap agar mata tidak mudah lelah.
 
2.Para pengendara motor sebaiknya menggunakan masker untuk mengurangi debu jalan yang terhirup sehingga terhindar dari infeksi saluran   pernafasan.

3.Konsumsi  cairan terutama air putih pada saat sahur dan berbuka harus mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Hindari minuman berkafein saat sahur karena kafein dapat   meningkatkan pengeluaran cairan tubuh sehingga dapat menyebabkan dehidrasi. Minuman manis     juga dapat menaikkan kadar gula darah kemudian kadar gula dalam darah turun kembali  sehingga cepat merasa lapar. Kekurangan cairan    dapat mengakibatkan konsentrasi menurun sehingga berbahaya bagi pengendara motor.

4.Perbanyak asupan protein, hindari makanan dengan kandungan karbohidrat yang banyak karena akan menyebabkan mengantuk.
 
5.Saat santap sahur jangan terlalu kenyang, agar pagi harinya tidak mengantuk.

6.Menggunakan jaket yang lebih tipis dari biasa dan hindari yang berwarna hitam atau gelap,karena warna tersebut mudah menyerap panas sehingga kita banyak mengeluarkan keringat akibatnya badan menjadi lemas dan terasa haus.

7.Lakukan pelemasan pada otot dan sendi sebelum berkendaraan.

8.Jika mulai terasa mengantuk saat berkendaraan, segera istirahat sejenak atau basuh muka dengan air agar kembali  fresh.

  Demikian beberapa tips yang bisa  digunakan untuk para pengendara motor agar bisa tetap sehat dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan

Baca juga: