POPULAR STORIES

Tol Cisumdawu Belum Selesai, Pemerintah Gratiskan Bus Damri Ke Bandara Kertajati Hingga 1 Tahun

Tol Cisumdawu Belum Selesai, Pemerintah Gratiskan Bus Damri Ke Bandara Kertajati Hingga 1 Tahun Ilustrasi bus Damri (ist)

KabarOto.com - Ada kabar gembira bagi masyarakat yang akan menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Karena, pemerintah akan menggratiskan bus Damri dari semua rute menuju BIJB Kertajati.

Hal tersebut sebagai bentuk kompensasi belum rampungnya tol Cisumdawu yang menjadi akses utama rute Bandung menuju BIJB Kertajati. Menariknya, program bus Damri gratis itu akan dilakukan selama satu tahun per 1 Agustus 2019.

Baca Juga: Pengerjaan Tol Cisumdawu Dipercepat, Jarak Bandung-Bandara Kertajati Makin Singkat

"Sambil menunggu tol Cisumdawu selesai satu tahun kedepan. Jadi, selama satu tahun itu pemerintah menyubsidi Damri jadi gratis," kata Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi.

Menurut Budi, tol Cisumdawu diperkirakan selesai pada pertengahan 2020. Selain itu, kata Budi, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR terkait percepatan pembangungan tol Cisumdawu. Jika tol sepanjang 60 kilometer itu rampung, maka perjalanan dari Bandung menuju BIJB Kertajati hanya satu jam.

Pengerjaan tol Cisumdawu sedang dikebut

"Saya sudah rapat dengan Menteri PUPR, beliau memastikan tol Cisumdawu selesai pertengahan 2020. Perjalanan satu jam ke bandara itu wajar, di bandara lain pun banyak yang seperti itu," ujar Budi dalam keterangannya.

Budi juga mengatakan, berdasarkan laporan pihak BIJB Kertajati, load factor setiap harinya menunjukkan grafik menanjak. Saat ini, load factor BIJB Kertajati mencapai 70 persen. Angkat tersebut memperlihatkan bandara terbesar kedua di Indonesia itu diminati atau relatif diterima masyarakat.

"Penumpang dari Karawang katanya daripada ke Jakarta lebih baik ke sini. Dari Tegal juga ada, mereka senang karena lebih dekat ke sini daripada ke Semarang," Jelasnya.

Bakal mempersingkat waktu tempuh

Oleh karena itu, Budi menyatakan bahwa pihaknya tidak hanya akan menggratiskan bus Damri selama setahun, tetapi juga menambah armada bus. Hal itu diambil untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. Menurutnya, rute penerbangan di BIJB Kertajati pun rencananya akan ditambah.

Baca Juga: Keren, Komunitas Pecinta Damri Gelar Open Trip Ke GIIAS 2019

Menurut Budi, Angkasa Pura II juga mengusulkan agar ada penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara ke BIJB Kertajati. Rencananya, dalam dua minggu ke depan akan ada penerbangan eksklusif berupa taksi helikopter.

"Bagi yang ingin perjalanan eksklusif kami akan sediakan taksi helikopter dari Bandung ke Kertajati akan dimulai dua minggu lagi," katanya.