POPULAR STORIES

Tol Pandaan - Malang Diresmikan, Diserbu Puluhan Ribu Kendaraan

Tol Pandaan - Malang Diresmikan, Diserbu Puluhan Ribu Kendaraan PT Jasa Marga

KabarOto.com - Tol Pandaan - Malang sudah resmi beroperasi sejak diresmikan pada Selasa (14/05) tepat pukul 07.00 WIB, oleh Presiden RI Joko Widodo. Sesuai dengan kebijakan dari Presiden RI bahwa masyarakat yang menggunakan tol ini tidak dikenakan biaya, alias beroperasi tanpa tarif.

Ternyata masyarakat sangat antusias untuk menggunakan jalan tol Pandaan - Malang. Pasalnya, terpantau jumlah kendaraan yang melewati jalan tol ini pada dua jalurnya mencapai 27.163 unit kendaraan pada hari pertama.

Di mana sebanyak 13.455 unit kendaraan mengakses jalan tol Pandaan - Malang menuju Pandaan. Sedangkan untuk arus sebaliknya jumlah kendaraan yang melintas lebih banyak lagi, yaitu sebanyak 13.708 kendaraan. Selain itu tercatat juga kendaraan golongan I merupakan kendaraan yang mendominasi.

Ternyata jalan tol Pandaan - Malang cukup dibutuhkan oleh masyarakat Jawa Timur dan sekitarnya ya, karena jumlah kendaraan yang melintas tidak sedikit walaupun terhitung masih hari kerja. Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang, Agus Purnomo mengatakan jumlah tersebut diperkirakan masih dapat jauh bertambah, terutama pada akhir pekan.

Baca Juga: Jelang Mudik, Pertamina Sediakan 112 Titik SPBU Di Tol Trans Jawa

"Jalan Tol Pandaan-Malang dapat mempersingkat waktu tempuh Surabaya menuju Malang atau sebaliknya menjadi 1 hingga 1,5 jam, dibandingkan jika melewati jalan arteri atau non tol waktu tempuhnya bisa 2 hingga 3 jam. Hal ini tentu saja memudahkan masyarakat untuk bersilahtu rahmi dengan keluarga atau sekadar menikmati destinasi wisata di Malang Raya," jelas Agus.

Nah, untuk Sobat KabarOto ketahui nih, jalan tol Pandaan - Malang memiliki total panjang 38,48 Km. Sebenarnya tol ini memiliki total 5 Seksi, namun pada peresmiannya kemarin baru 3 Seksi yang diresmikan oleh Bapak Jokowi.

Cakupan dari 3 seksi ini yaitu Seksi 1 Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,475 Km, Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8,50 Km dan Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,51 Km.

Baca Juga: 5 Ruas Tol Fungsional Yang Beroperasi Selama Musim Mudik Lebaran 2019

"Selain tiga seksi yang telah diresmikan kemarin, PT JPM akan meningkatkan pelayanan arus mudik dan balik Lebaran 2019 dengan membuka Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,75 Km yang saat ini progress kontruksinya sudah mencapai 82.327% untuk beroperasi fungsional. Sedangkan untuk Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 3,113 Km yang masih dalam tahap konstruksi saat ini progress-nya telah mencapai 37.293%," tambah Agus.

Baca Juga: Agar Mudik Lancar, Seluruh Pengerjaan Proyek Jalan Akan Dihentikan Pada H-10 Lebaran

Sesuai dengan perencanaan pengoperasian tanpa tarif, kebijakan ini berlaku hingga Lebaran nanti loh. Hal ini dilakukan agar sosialisasi kepada masyarakat dapat berjalan optimal. Sekaligus bisa dijadikan opsi akses jalan bagi para pemudik.

Dengan beroperasinya jalan tol Pandaan - Malang diharapkan bisa mempercepat waktu tempuh yang diperlukan oleh pemudik. Pasalnya, apabila menggunakan tol ini dan dalam keadaan lancar, dari Pandaan menuju Malang hanya memerlukan waktu satu jam saja.