Ton's Body Custom, Spesialis Boks Skutik Bongsor

Ton's Body Custom, Spesialis Boks Skutik Bongsor Crew Ton's Motor di Condet, Jakarta Timur.

KabarOto.com - Ton's Motor merupakan bengkel bodi custom yang berada di Condet, Jakarta Timur. Bengkel ini spesialis pembuat boks untuk skutik bongsor. Toni Ardi pemilik Ton's Motor melihat berkembangnya Honda PCX 150 yang saat itu masih dalam versi Completely Built Up (CBU) Taiwan.

Ia pun mencoba untuk membuat side box dan top box untuk motor skutik premium andalan Honda itu. Sambutan konsumen pun cukup baik, ia pun kerap mendapat ratusan pesanan dari para konsumennya.

Beberapa kali ia coba dengan model asal jadi seperti mengikat bagian boks dengan kawat agar nempel, sampai akhirnya ia bisa memiliki cetakan sendiri dan menempel bagian dengan press body. Pesanan pun mulai berdatangan, dagangannya laris hingga luar kota bahkan manca negara.

Baca Juga: Tips Praktis Membeli Box Motor

"Awalnya saya buat untuk Honda PCX CBU, itu asal-asalan, desainnya disesuikan dan masih diikat pakai kawat. Akhirnya pas sudah ketemu formulanya dan sudah ada pemesanan, kita pakai cetakan dan di-press," papar Toni.

Side Box buatan Ton's Motor

Setelah mulai banyak pemesanan untuk PCX, Toni pun berekspansi membuat boks untuk Yamaha NMAX. "Pas NMAX keluar saya langsung buat konsep tuh, dan alhamdulillah boks NMAX banyak juga minat. Mereka cocok dan suka sama modelnya. Kita juga catnya yang beda dari kompetitor," terangnya.

Tak hanya membuat boks, Ton's juga menyediakan cover knalpot dan spion. Ia pun kerap mendapat pemesanan dari dealer motor Honda.

"Waktu itu kita kerja sama saya dapat pesanan 400 unit untuk dealer Honda. Mereka memberikan voucher untuk mendapatkan boks, cover knalpot dan juga spion Honda PCX," tuturnya. Terlebih saat PCX versi lokal sudah banyak dipesan masyarakat, Ton's sudah memproduksinya dan siap dilempar ke pelanggannya.

Cover Knalpot.

Toni mengaku, saat ini sedang mengerjakan pesanan membuat puluhan boks untuk motor asal Eropa sebagai kendaraan dinas. "Kita lagi bikin boks untuk motor Eropa, saya tidak punya motornya tapi dipinjamkan untuk mengukur dan membuat boksnya," tambahnya.

Toni berharap ke depan bisa mengembangkan bisnis ini dengan baik di tengah persaingan yang semakin ketat. Ia pun selalu mempromosikan produk-prduknya melalui media sosial dan juga dari komunitas. "Pameran seperti Parjo dan Tumplek Blek juga suka saya ikuti sih," tambahnya.

Toni menambahkan, jika ada konsumen yang ingin memesan boks minimal harus 50 unit. "Kalau mau pesan minimal 50 unit, kalau di bawah bisa beli langsung di toko," tambahnya.