POPULAR STORIES

Toprak Menangkan Yamaha Di Race 1 WSBK Australia 2020

Toprak Menangkan Yamaha di Race 1 WSBK Australia 2020

KabarOto.com - Mengawali musim World Superbike Championship (WSBK) 2020, Toprak Razgatl?o?lu yang baru saja bergabung dengan tim Pata Yamaha, langsung mempersembahkan podium kemenangan di race 1 di sirkuit Phillip Island, Sabtu (29/2).

Persaingan cukup sengit sepanjang lomba, apalagi terbilang mendebarkan di penghujung garis finis ada empat pembalap berebut kemenangan dengan terpaut tipis 0,1 detik. Tiga lainnya bahkan di bawah 0,05 detik.

Baca juga: Honda Mencari Duta Safety Riding Lewat Kompetisi Ini



Toprak memang sudah yakin sejak sesi FP3 dengan perkembangan motor Yamaha YZF-R1. Cengkeraman ban sudah sesuai keinginan. Tapi sayangnya jelang beberapa lap berakhirnya balapan bannya alami kerusakan dengan terkelupas di beberapa bagian.

"Saya tahu saya harus tampil bagus dengan posisi di balapan dan selepas start saya fokus pada kondisi balapan dan menghemat ban. Motor terasa sliding di sisa lap dan juga lap terakhir semakin khawatir, ketika membuka gas, ban mulai berputar berlebih," sahut Toprak yang berakhir dengan kemenangan.



Pembalap asal Turki ini memastikan memperoleh setelan tepat untuk ban belakang. "Setidaknya untuk sepuluh lap tak ada masalah, tapi paling penting adalah bertahan sepanjang balapan," yakin Toprak.

Alex Lowes yang juga baru sebagai pembalap tim Kawasaki Racing mengakui senang bisa mempersembahkan podium di awal musim. "Ini adalah balapan pertama dengan tim hijau dan sedikit pelan di awal pekan saat pengetesan, berjuang untuk mendapat setelan yang nyaman."



Kendala ban di akhir balapan juga disinggung oleh Lowes meski akhirnya bisa selamatkan motor tak terjatuh seperti rekan setimnya, Jonathan Rea, yang terjatuh. Padahal Rea sempat berada di depan bertarung dengan Tom Sykes (BMW Motorrad).



Adapun Scott Redding (Aruba.it Ducati) yang menempati posisi tiga di podium mengakui sangat senang dengan start dari depan dan juga hasil balapan di awal musim. "Saya hanya bisa berkata, balapan yang sangat fenomenal, kita bertarung hingga akhir dan semua pasti menonton sangat menikmati balapan kali ini."