Toyota 2000GT Racikan Carroll Shelby Jadi Mobil Sport Jepang Termahal

Toyota 2000GT Racikan Carroll Shelby jadi Mobil Sport Jepang Termahal Dok : Gooding & Co

KabarOto.com - Toyota-Shelby 2000GT jadi salah satu mobil sport Jepang termahal yang pernah dilelang. Harga penjualan US$ 2,535 juta atau Rp 35,5 miliar lebih lewat Gooding & Co.

Selama masa produksinya sejak tahun 1967 hingga 1970 diproduksi sebanyak 351 unit. Salah satu dari tiga unit yang mendarat ditangan Carroll Shelby pun jadi mobil lelang termahal.

Baca juga: Toyota 2000GT, Sportcar Jepang Menarik Perhatian Shelby Dan James Bond

Setelah disimpan oleh Toyota Motor Corporation untuk tugas promosi, sasis MF10-10001 menerima banyak peningkatan oleh Shelby dan insinyur Toyota mempersiapkannya untuk balap SCCA.

Jantung mekanisnya menggunakan mesin 6 silinder DOHC dengan kapasitas 2.000 cc, tenaga standarnya sebesar 148 dk. Shelby berhasil meningkatkan tenaga mesinnya sehingga mencapai 210 dk, dengan tiga karburator twin-choke weber, dual exhaust, girbok manual lima kecepatan dan penggerak roda belakang.

Bagian suspensinya menggunakan model independen depan dan belakang dengan suspensi koil dari Koni yang dapat disesuaikan.

Baca juga: Lotus Elise Terakhir Jadi Milik Elisa Artioli

Bagian dalam juga terawat dengan baik, masih terlihat setir model kayu, jok kulit hitam, switch, indikator, serta panel shifter gaya Ferrari. Restorasi bodi juga lengkap dengan livery balap putih dan biru metalik sama seperti pada 1980-an.