POPULAR STORIES

Toyota Berniat Tingkatkan Investasi Di Indonesia Hingga Rp25 Triliun

Toyota Berniat Tingkatkan Investasi di Indonesia Hingga Rp25 Triliun Akio Toyoda (foto: the street)

Raksasa otomotif Jepang, Toyota Motor Corporation bakal meningkatkan investasi di Indonesia dalam dua tahun ke depan. Hal demikian disampaikan oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto.

Sebagaimana diberitakan Jakarta Globe, total investasi senilai 1,87 miliar Dollar AS (sekitar Rp25 triliun) akan dikucurkan mulai tahun 2009 nanti. Tentu saja itu berbeda dari rencana Toyota sebelumnya yang bakal berinvestasi sebesar Rp20 triliun.

Kepastian ini disampaikan Menteri Perindustrian saat dirinya selesai melakukan pertemuan dengan presiden Toyota Motor Corporation, Akio Toyoda, dan Presiden RI, Joko Widodo, di Istana Negara Jakarta, Senin (13/3/2017).

Hartarto mengatakan Toyota telah menghabiskan Rp18 triliun dalam berapa tahun belakangan. Itu termasuk perluasan pabrik mesin, perakitan dan produksi di Karawang, Jawa Barat.

Toyota Motor Manufacturing Indonesia, sebagai pemegang lisensi Toyota di Indonesia, saat ini memiliki kapasitas untuk memproduksi 250 ribu mobil per tahun. Bukan rahasia umum lagi bahwa Toyota telah mendominasi lebih dari setengah pasar otomotif di Indonesia.

Hartarto bahkan mengatakan Toyoda telah berjanji kepada Presiden Jokowi untuk berkomitmen meningkatkan gairah industri otomotif domestik dengan meningkatkan investasi, eksport, perekrutan pegawai dan meningkatkan kemampuan sumber daya pekerja lokal.