POPULAR STORIES

Toyota Gelontorkan Dana Investasi Pabrik Perakitan Mobil Di Inggris

Toyota Gelontorkan Dana Investasi Pabrik Perakitan Mobil di Inggris Pabrik perakitan mobil di Burnaston. Foto: reuters.com

Di tengah ketidakpastian pasar otomotif Inggris akibat Brexit, produsen otomotif asal Jepang, Toyota Motor Corp justru menggelontorkan dana 240 juta pound atau sekitar Rp3,96 triliun untuk berinvetasi di pabrik perakitan mobil di Inggris.

Dana investasi tersebut termasuk dana 21,3 juta pound atau sekitar Rp351,4 miliar dari pemerintah Inggris. Porsi investasi pemerintah Inggris bakal digunakan untuk pelatihan, penelitian dan pengembangan, serta peningkatan lebih lanjut terhadap kinerja pabrik.

Ada dua pabrik mobil di Inggris dan satu pabrik motor di Wales yang dioperasikan Toyota. Ketiga pabrik tersebut mempekerjakan lebih dari 3.400 karyawan, di mana 590 orang di antaranya bekerja di Wales.

"Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk meningkatkan daya saing pabrik kami di Burnaston dan di Deeside, Wales Utara,” kata Chief Executive Toyota Motor Eropa, Johan van Zyl sebagaimana dilansir dari BBC.

“Kami juga meyakini soal tarif impor komponen yang saat ini jadi hambatan akses pasar bebas antara Inggris dan Eropa tak kan berlangsung lama. Pasalnya ini adalah sektor vital yang turut menentukan industry otomotif keduanya di pasar global,” demikian tutupnya.