POPULAR STORIES

TransJakarta - KWK Tambah Delapan Rute Intergrasi

TransJakarta - KWK Tambah Delapan Rute Intergrasi Loket penjualan Kartu Integrasi Transjakarta - KWK.

Kabaroto.com - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) yang telah kerja sama dengan Koperasi Wahana Kalpika (KWK) sejak Senin (3/4) lalu, menambah delapan rute integrasi. Dengan penambahan delapan rute itu, maka hingga kini sudah ada 10 rute integrasi.

Sebelumnya, Transjakarta dan KWK telah menguji coba dua rute, yaitu Condet-Cililita (T07) dan Tanjung Priok- Bulak Turi (U05). Delapan rute baru tersebut adalah, Indosiar- Rawabuaya (B08), Poncol-Rawamangun (T24 ), Meruya-Grogol (B03), Terminal Pulogebang-Tanjung Priok (U03), Arundina-Rumah Sakit Harapan Bunda (T03), Kelapa Gading-Terminal Rawamangun (U04), Pejuang Jaya-Harapan Indah (T31), dan Petukangan Utara-Lebak Bulus (S14).

Direktur Utama Transjakarta, Budi Kaliwono mengatakan integrasi layanan Transjakarta- KWK merupakan salah satu bentuk layanan jaringan Transjakarta. “Kerja sama ini sekaligus memperluas jangkauan serta aksesibilitas Transjakarta,” kata Budi, belum lama ini.

Namun, Budi belum menjelaskan rute mana lagi dalam waktu dekat yang akan diintegrasikan. Untuk menikmati layanan ini, pihaknya menyediakan layanan gratis angkutan lingkungan bagi pelanggan Transjakarta yang berlaku pukul 05.00 WIB-09.00 WIB dan 16.00 WIB-20.00 WIB.

“Pelanggan cukup menunjukkan kartu layanan gratis pelanggan untuk mendapatkan fasilitas unggulan tersebut,” ujarnya. Untuk saat ini, Kartu Integrasi layanan Angkutan Umum Pengumpan Transjakarta untuk periode April terjual sebanyak 5.418 kartu.

Untuk periode Mei, lanjut Budi, Transjakarta akan memasarkan Kartu Integrasi layanan Angkutan Umum Pengumpan Transjakarta kepada masyarakat di halte maupun angkutan umum KWK melalui petugas Transjakarta.

Dia menambahkan integrasi layanan Transjakarta- KWK meningkatkan standar pelayanan. Serta spesifikasi teknis hingga kompetensi pengemudi yang memberikan pelayanan terbaik kepada publik. Transjakarta mensubsidi setiap angkutan umum KWK yang terintegrasi Rp206.060 per hari.

Penumpang bisa naik KWK secara gratis pada jam tersebut di atas dengan membeli kartu Layanan Integrasi Angkutan Lingkungan Pelanggan Transjakarta seharga Rp15.000 untuk satu bulan.

Layanan integrasi tersebut mendapatkan tanggapan positif dari para pengemudi sopir KWK.

"Kita layani saat jam kerja, pagi hari dan jam pulang kantor pada sore hari. Saya melihatnya positif, karena jumlah penumpang pada jam tersebut memang yang paling ramai," ujar Sarponi, sopir KWK di Tanjung Priok.

Imam Nawawi (28), pengemudi KWK 05 jurusan Tanjung Priok-Bulak Turi menyebutkan, dirinya jadi jauh lebih santai. "Yang pasti kita tidak perlu diburu-buru rit untuk mengejar setoran, dan fokus pada pembiayaan uang bensin saja," kata Imam.