Trik Atasi Kabel Kopling Motor Putus saat Berkendara

Ahmad Djainudin
Ahmad Djainudin 26 Dec 2017 - 10:35
Trik Atasi Kabel Kopling Motor Putus saat Berkendara
Kabel kopling motor (kabarOto)

KabarOto.com - Bagi pengendara roda dua yang menggunakan kopling tangan mungkin pernah mengalami putus kabel kopling saat berkendara.

Ketika berkendara dan ini terjadi, tentu sangat merepotkan karena akan terjadi kesulitan saat mengurangi gigi atau berpindah ke posisi netral.

Baca Juga:

Menurut Wansko mekanik dan builder Dwayne Racing, "Bila terjadi hal seperti itu langkah awal adalah jangan panik, karena ada solusinya dan motor tetap bisa digunakan."

Sebenarnya penggunaan kopling tangan dengan kopling manual yang biasa pada motor tanpa kopling tangan cara kerjanya sama.

"Hanya saja, pada kopling tangan ada bantuan "stut kopling" pada bagian engine brake yang menghaluskan kerja perseneling ketika berpindah gigi," kata Wansko, Selasa (26/17/2017).

Jika motor dalam keadaan berhenti, untuk memudahkan kerja kopling jalankan perlahan motor hingga ban berputar, setelah itu injak perseneling atau masukkan gigi secara perlahan.

Namun, bila motor dalam keadaan berjalan dan putus kabel kopling lebih mudah untuk mengatasinya.

Hanya dengan memasukkan perseneling seperti biasa dengan lebih memperhatikan kecepatan agar stabil, karena saat memasukkan gigi akan terasa kasar pada bagian engine brake.

Editor : ballian