Utang Pinjaman Kredit Mobil Amerika Serikat Sentuh Angka Rp 1,1 Triliun

Utang Pinjaman Kredit Mobil Amerika Serikat Sentuh Angka Rp 1,1 Triliun ©Mercedes Benz (Istimewa)

KabarOto.com - Kabar mengejutkan datang dari Negeri Adi Daya, Amerika Serikat (AS). Hutang peminjaman kredit mobil dari Negeri Paman Sam itu mencapai Rp 1,1 triliun dolar AS (Rp 14,571 triliun).

Menurut laporan lembaga keuangan dari pasar otomotif di AS, Experience State, kredit mobil meningkat karena kenaikan pinjaman kepada pembeli perdana. Sementara itu, subprime atau paket kredit kepemilikan kendaraan terus menurun.

Automotive News, Senin (18/9/2018), melaporkan banyak warga AS lebih memilih untuk meminimalkan pembayaran bulanan. Oleh karenanya, mereka memilih untuk mengadopsi pinjaman jangka panjang dari yang diperlukan. Menuju ke kuartal ketiga, pinjaman kendaraan baru di AS rata-rata adalah mencapai 68,8 bulan dan rata-rata pinjaman kendaraan yang digunakan di AS meningkat satu minggu dari tahun lalu ke angka 63,98 bulan.

Hal itu dapat dilihat dari semakin tinggi jumlah pinjaman untuk kendaraan baru yang berjangka waktu antara 85-96 bulan, sementara untuk pembeli mobil bekas yang memilih pinjaman berjangka waktu 73-84 bulan sekitar 17,7 persen.



Bersamaan dengan persyaratan pinjaman meningkat, rata-rata pembayaran bulanan terus meningkat dan mencapai angka tertinggi di kuartal kedua senilai 504 dolar AS (Rp 6,6 juta) tahun ini, lebih 5 dolar AS lebih banyak dibandingkan dengan tahun sebelumnya.