POPULAR STORIES

Vakum Robek Bisa Ditambal ?

Vakum Robek Bisa Ditambal ? Vakum yang telah di tambal pakai hansaplas (Dok. Istimewa)

Kabaroto.com - Setiap komponen punya batas pakai atau umur. Sama dengan manusia, ada batas umurnya juga kan. Macam karet vakum karburator, umurnya sekitar dua tahun setelah selama itu hidup terus melayani ruang bakar.

Apalagi, karet vakum ini sering dibongkar untuk diutak-atik, cepat bocor. Bisa saja karet vakum ini bocor tiba-tiba dalam perjalan jauh misalnya. Dalam keadaan kanker alias kantong kering, maklum harga karet vakum ini lumayan antara Rp 250 – 350 ribu. Belum lagi bersamaan dengan bayar cicilalan motor yang karet karbu vakumnya sudah bocor itu, wah barabe.

Tenang, brosist jangan panik, caranya mudah cukup beli hansaplast atau plester luka model plastik. Ini hanya keadaan darurat. Saat dana untuk beli karet vakumnya sudah terkumpul ulang, sebulan lebih. Cocok buat yang sering jalan jauh.Hansaplast tersebut dipotong secukupnya.

Pastilah, plesternya harus lebih lebar dari area bocorannya. Tapi jangan terlalu besar-besar nanti mengganggu kinerja vakum. Tinggal ditempel, seperti menempel plester pada luka. Efek dari bocornya karet vakum, tidak akan terjadi sedotan yang berlawanan dengan angkatan kabel gas alias hilang kevakumannya.

Mesin tidak enak di putaran langsamnya, karena memang tak mau stansioner. Digas awal juga tidak akan membuat nyaman. Maka obatnya diplester hansaplas. Tidak masalah menggunakan plester untuk darurat. Secara teknik, plester menambal bagian karet yang sobek untuk menjaga kevakuman. Kalau sudah tidak ada bagian yang bocor, karbu bisa kembali berfungsi sempurna.

Berita Terkait

Berita Terkait