Jangan Asal Pilih Jaket Touring, Ini Caranya

Jangan Asal Pilih Jaket Touring, Ini Caranya

KabarOto.com - Riding dengan sepeda motor kesayangan merupakan rutinitas wajib buat para bikers masa kini. Maka dari itu, banyak hal pendukung selain motor itu sendiri yang harus diperhatikan kelayakannya. Misal saja jaket.

Selain berfungsi untuk menangkal angin, jaket juga berguna untuk melindungi tubuh saat terjadi kecelakaan.

Mengingat fungsinya yang tergolong vital, wajib bagi bikers atau pengendara motor untuk memilih jaket yang benar.

Hasilnya, selain harus memperhatikan model dan ukuran, Sobat KabarOto pun wajib memperhatikan bahan jaket yang digunakan.

Pilih yang Sesuai dengan Ukuran Tubuh

Penampilan memang penting untuk meningkatkan rasa pede, namun jaket yang kekecilan akan mengakibatkan sulit dalam bergerak dan menghambat pernafasan, dan jika jaket terlalu besar, akan mengganggu konsentrasi.

Sebab, angin yang besar menyebabkan posisi jaket tersebut menampung terpaan angin yang membuat badan bergoyang tak tentu arah. Nah, pastikan Sobat KabarOto memilih jaket yang pas di badan.

Bahaya Jaket Bertali

Jaket untuk riding dan touring relatif berbeda dengan jaket nongkrong. "Kalau kongkow tak masalah, lain halnya untuk riding dan touring yang fatal dan bisa mematikan. Misalnya, jaket bisa saja tersangkut pada setang motor atau benda yang menyebabkan kecelakaan," ujar Aan dari Respiro Jl. Haji Mencong No. 77, Ciledug, Tangerang.

Ia melanjutkan, pilih jaket yang tidak banyak menggunakan tali, atau lebih simpelnya tanpa tali sama sekali.

Jaket Harus Melindungi

Sebaiknya jaket riding harus mampu menutupi leher, pergelangan tangan, dan pinggul. "Ada baiknya memilih jaket khusus yang sudah dilengkapi dengan protector atau pelindung di bagian siku dan bahu," jelasnya.

Pilih Warna Terang

Meskipun Sobat KabarOto ada yang suka dengan warna gelap, khusus untuk jaket riding, sebaiknya gunakan yang berwarna terang, atau minimalnya memiliki aksen warna terang di beberapa bagian yang strategis, seperti pundak, punggung, atau dada.

Kalau memungkinkan, sebaiknya sisipkan juga bahan-bahan yang bisa memantulkan cahaya, seperti bahan nilon dengan warna-warna neon atau stabilo.