Volkswagen Golf R, Hatchback 5 Pintu Terganas

Volkswagen Golf R, Hatchback 5 Pintu Terganas

KabarOto.com - Volkswagen Golf R terbaru sepertinya menjadi salah satu hatchback terpanas yang menjadi incaran pembesut aspal. Karena standarnya saja kini sudah ganas, mengerahkan sentakan tenaga 315 dk!

Yup, berbanding Golf R pendahulu kini ada tambahan tenaga 27 dk. Sedangkan torsinya mencapai 420 Nm untuk menggerakkan sistem permanen empat rodanya aplikasi teknologi 4Motion yang telah disempurnakan.


Di atas kertas, kini 0-100 kpj hanya perlu waktu 4,7 detik dan kecepatan tertingginya dibatasi 250 kpj. Tapi patut bersabar untuk konsumen di Amerika, karena baru akan datang tahun 2022. Sedangkan di Eropa pada penghujung tahun 2021.

Mesin empat silinder turbocharger TSI berkapasitas 1.984 cc berkode EA888. Dipasudkan transmisi otomatis 7 percepatan DSG dual clutch.


Kolaborasi antara 4Motion dan Vehicle Dynamics Manager memungkinkan mobil bisa menapak baik meski mobil dipaksa menikung tajam. Menjadi yang pertama didunia terapkan electronic differential locks (XDS®) and the DCC® adaptive damping system.

Generasi kelima Golf R ini mendapat sentuhan sporty elegan di bagian bumper melalui splitter dan kisi pasokan udara R-specific. Ada garis LED di atas grille ketika mesin dihidupkan, berfungsi juga sebagai DRL.

Golf R yang dikemas sebagai htchback lima pintu ini tampil mengagumkan berkat penggunaan pelek alumunium 19 inci. Saat membuka pintu ada pendaran logo R di permukaan aspal, menyambut akses penumpang ke kabin.

Cakram juga alami pembesaran diameter, sebelumnya hanya 13,4 inci, kini berukuran 14,1 inci. Kaliper depan dikawal dua piston yang terbuat dari alumunium, sehingga bobotnya tereduksi 60%. Master rem juga besar, sehingga pengereman lebih presisi meski tuas pedal rem pendek.

Pilihan warnanya ada tiga yakni Lapiz Blue Metallic sebagai warna khusus Golf R dan tersedia warna lain Pure White atau Deep Black Pearl Effect.

Digitalisasi generasi kedelapan Golf juga menjadi nilai lebih di Golf R ini. Berupa Discover Pro infotainment dan Digital Cockpit. Ditemui layar sentuh 10 inci akan memberi sambutan ke pengendara saat mengakses kokpit.