POPULAR STORIES

Volvo: Mobil Produksi Cina Lebih Berkualitas Dibanding Eropa

Volvo: Mobil Produksi Cina Lebih Berkualitas Dibanding Eropa Kualitas produksi mobil Cina lebih baik daripada Eropa (Autoevolution)

KabarOto.com - Volvo kini dikendalikan perusahaan Cina, Geely. Di bawah pengawasan Geely, pabrikan asal Swedia itu telah berhasil menjual lebih banyak mobil jika dibanding pencapaian sebelumnya secara global.

Dilansir Autoevolution, Senin (14/5/2018), dulu mobil-mobil hasil produksi Cina terkenal dengan harga yang murah tapi berkualitas buruk, namun sekarang pandangan tersebut telah berubah.

"Banyak orang yang khawatir akan kualitas mobil produksi Cina, namun ketika mereka mulai membuat ternyata kualitasnya lebih tinggi dibandingkan Eropa," kata Senior Vice-president of Design Volvo, Robin Page kepada Australia's Go Auto.

Pabrikan Cina melibatkan banyak pekerja pada proses produksi (Motor1)

Mengapa demikian? Ternyata menurut Page, perusahaan Geely tidak tergantung pada sistem mesin otomatis dan memiliki toleransi yang ketat pada hasil produksi mobil-mobilnya.

"Bila kita bertanya pada pegawai di Eropa maka mereka akan mengatakan bahwa seluruh proses produksi telah diambil alih oleh sistem otomatis sehingga sedikit sekali yang melibatkan para pekerja dalam proses akhir. Sedangkan pabrikan Cina lebih banyak mempekerjakan orang dan tidak tergantung pada sistem otomatis pada proses produksi sehingga menetapkan toleransi yang tinggi pada hasil akhirnya," imbuh Page.

Pabrikan Eropa masih tergantung pada sistem otomatis pada proses produksinya (Motor1)

Volvo mulai mengekspor kendaraan buatan Cina di seluruh dunia pada 2014 dengan generasi sebelumnya, wheelbase S60. Selain itu, perusahaan memindahkan produksi sedan S90 dari Swedia ke Cina pada akhir 2016. Kendaraan lain dari Geely, termasuk berbagai model Volvo dan Lynk & Co listrik, akan dibangun di dan diekspor dari Cina.

"Ini bukan perbedaan besar, tetapi jika Anda membuat skor ke skor dan rata-rata, Cina sangat bagus. Jadi, kami tidak begitu khawatir tentang itu sekarang,” tandas Page.