Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini Kendarai Mobil Penyapu Jalan Di AS

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini Kendarai Mobil Penyapu Jalan di AS Tri Rismaharini mendapat kesempatan mencoba mobil penyapu jalanan (istimewa)

KabarOto.com - Tri Rismaharini (Risma), Wali Kota Surabaya, Jawa Timur, dijadwalkan menjadi pembicara, dan juga menjadi salah satu nominasi penerima penghargaan Global Green City di kantor pusat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Kota New York, Amerika Serikat, pada 30-31 Oktober 2017.

Baca Juga:

Sebelumnya, Risma menjalani serangkaian agenda di Philadelphia, AS. Salah satunya menghadiri acara sosial yang difasilitasi Indonesia Diaspora Network (IDN). Dalam kesempatan ini, Risma mendapat kesempatan mencoba mobil penyapu jalanan yang biasa digunakan petugas kebersihan di sana.

Mengutip dari laman resmi tennantco, kendaraan penyapu jalanan atau street sweeper yang digunakan serupa dengan model Tennant ATLV 4300 All Terrain Litter Vacuum. Berbeda dengan penyapu jalanan yang mengadopsi penyapu dengan sikat, model ini menggunakan vacuum cleaner raksasa yang diklaim dapat membersihkan lapangan sepak bola dalam waktu setengah jam.

Sistem vacuum memiliki diameter nozzle sebesar 200 mm dengan diameter vacuum fan sebesar 430 mm. Selangnya dapat dilepas dan digerakkan sesuai dengan keinginan agar dapat mencapai daerah-daerah yang tidak terjangkau. Untuk diketahui, model ini ditenagai oleh mesin konvensional dan diperuntukkan untuk kondisi kering.

Berikut spesifikasi mobil penyapu jalan di Amerika Serikat yang digunakan oleh Wali Kota Surabaya, Risma:

Type vacuum nozzle
Time required to cover a football field 1/2-hour
Volume capacity 416 L
Bag capacity-each 208 L
Bag size 1.120 X 1.400 mm

Vacuum System
Nozzle size (diameter) 200 mm
Vacuum fan (diameter) 430 mm
Vacuum width 1200 mm

Propelling System
Propel speed forward (variable to) 26,0 km/h
Propel speed forward (variable to) 8,0 km/h
Propel motor Diesel, liquid cooled Kubota @3000rpm 28 kW