Weststar Hadirkan Maxus V80, Hotel Berjalan

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 28 Aug 2015 - 01:20
Weststar Hadirkan Maxus V80, Hotel Berjalan
Maxus V80 yang menyajikan kendaraan dengan nyaman dan tenang. Bagaikan di hotel berjalan. Semua interiornya sangat mewah (Foto-foto: KabarOto/Handaru Pratomo)

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) menampilkan Iveco. Memajang produk truknya dan Weststar yang hadir dengan merk Maxus V80 di segmen van komersial. Produk ini dirancang bagaikan hotel berjalan. Wow, seperti apakah keistimewaannya?

Bagi Bro and Sist yang belum pernah mendengar merk Weststar ataupun Maxus mungkin pernah mengenal merk LDV atau Leyland DAF Van yang merupakan salah satu produsen kendaraan komersial tertua di Inggris. Sayangnya, LDV mengalami krisis keuangan pada tahun 2009 dan akhirnya dibeli oleh SAIC Group asal Tiongkok.

 

Produknya yang terakhir adalah van Maxus V80 ini yang kemudian di poles ulang oleh SAIC dan kemudian didistribusikan di ASEAN oleh Weststar Group, sebuah korporasi yang berasal dari Malaysia.

Ambisi dari Weststar di Indonesia juga tidak muluk-muluk berhubung kendaraan yang dijual hanyalah model Maxus V80 yang dijual dalam 8 tipe dan diajukan untuk melawan Mercedes Sprinter dan Hyundai H1 di Indonesia. Salah satu model yang unik menurut penulis adalah Maxus V80 Motorhome ini yang tampil di pameran GIIAS 2015.

Walau sudah dimiliki oleh SAIC, tampak luar van ini tak jauh berbeda seperti desain van Eropa lain seperti Mercedes Sprinter yang telah digunakan sebagai armada shuttle jarak dekat di pulau Jawa, bahkan fisik van ini masih lebih besar daripada Hyundai H1 dan kualitas buatannya juga lebih rapi dibandingkan beberapa mobil merk Tiongkok yang sudah hadir di Indonesia.

Kesan produk buatan Tiongkok yang kualitasnya rendah pun langsung hilang saat menengok sekilas ke dalam kabin motorhome ini. Kabin motorhome yang dihargai sekitar 830 juta rupiah ini dapat menampung 7 orang maksimal termasuk supir lengkap dengan sejumlah kompartemen penyimpanan barang, sistem Audio-Video, kulkas kecil, dispenser air, kompor gas mini dan toilet duduk! Cukup menarik bila Anda menjadikan van ini sebagai hotel berjalan pribadi atau untuk disewakan dalam bidang usaha pariwisata.

Menengok ke sudut lainnya, Weststar juga menghadirkan 2 varian ambulans yang diproduksi oleh perusahaan karoseri Indonesia dan perusahaan karoseri dari Inggris. Selain itu ditampilkan juga 2 varian van penumpang dengan trim standar dan trim luxury yang dapat menampung 9 dan 15 orang termasuk supir.

Bicara mengenai hal teknis, van ini memiliki konstruksi sasis monokok dengan panjang 5,7 meter, lebar 2,382 meter dan tinggi 2,345 meter dari permukaan tanah hingga atap untuk varian van penumpang dan motorhome. Untuk sumber tenaga, van ini mengandalkan mesin diesel buatan VM Motori 2.500cc commonrail 16 katup dengan turbo yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 100 kW di 3.800 RPM. Selebihnya van ini dilengkapi dengan transmisi manual 5-percepatan, ABS, EBD dan BAS sebagai pelengkap komponen pengereman yang menggunakan rem cakram dan tromol. 

Baca Juga: