POPULAR STORIES

Yamaha Ciptakan “Motobot” Robot Otonom Pengendara Sepeda Motor

Yamaha Ciptakan “Motobot” Robot Otonom Pengendara Sepeda Motor "Motobot" Robot Otonom Pengendara Motor Berkecepatan Tinggi (Foto: asphaltandrubber.com)

Teknologi Otonom belakangan ini memang menjadi viral tersendiri di kalangan Industri Otomotif, selain pabrikan mobil yang berlomba-lomba meyisipkan teknologi ini pada kendaraannya, Yamaha yang selama ini dikenal sebagai produsen motor pun dikabarkan telah ikut menyisipkan teknologi otonom pada kendaraannya.

Yamaha kini telah meluncurkan sebuah robot yang mampu mengendarai sepeda motor. Teknologi ini disebut Motobot, mesin ini telah dirancang untuk meluncur di arena balap pada kecepatan tinggi. Perusahaan Yamaha mengatakan akan menggunakannya untuk meningkatkan keselamatan pembalap, tetapi juga mengisyaratkan akan 'merintis lini bisnis baru' dengan teknologi ini.


Motobot 

Yamaha telah menolak mengungkapkan rincian tentang Motobot, tetapi mengatakan itu sepenuhnya otonom. "Ini adalah robot humanoid penunggang sepeda motor otonom dibangun sebagai perpaduan dari sepeda motor dan robotika teknologi Yamaha," katanya seperti dikutip dari laman DailyMail.


Motobot vs Valentino Rossi

"R & D saat ini sedang berlangsung dengan tujuan mengembangkan robot untuk naik sepeda motor di arena balap yang melaju lebih dari 200 km / jam," tambahnya.

Sistem ini mampu sepenuhnya menunggang sendiri tanpa masukan dari manusia. "Tugas mengendalikan gerakan kompleks sepeda motor dengan kecepatan tinggi membutuhkan berbagai sistem kontrol yang harus berfungsi dengan tingkat akurasi yang tinggi," kata Yamaha. 

Baca Juga: