POPULAR STORIES

Yamaha Daftarkan Paten Sketsa Motor Listrik

Yamaha Daftarkan Paten Sketsa Motor Listrik Foto: morebikes.co.uk

Pabrikan motor asal Jepang, Yamaha, dikabarkan baru mendaftarkan paten sketsa untuk model sepeda motor listriknya. Desain yang baru didaftarkan hak patennya itu menunjukkan motor listrik itu nanti akan memakai roda depan sebagai poros penggeraknya. Bukan lagi menggunakan roda belakang sebagai poros penggerak seperti motor konvensional yang kita ketahui selama ini.

Untuk spesifikasi detilnya, Yamaha memang belum mengungkapkan resmi. Meski begitu, dari gambar sketsa terlihat jelas jalur kabel listrik akan menyumbang tenaga ke bagian roda depan.

Untuk informasi tambahan, sepeda motor listrik roda dengan poros penggerak roda depan sebenarnya bukan teknologi baru di dunia motor. Pada 2015 lalu, pabrikan otomotif Jerman, BMW yang berkolaborasi dengan Wunderlich sudah lebih dulu mewujudkannya lewat model R1200GS LC Hybrid.

Motor R1200GS LC Hybrid dengan poros penggerak roda depan mampu melaju dengan kecepatan rata-rata 20 km/jam. Uniknya, roda depan itu juga bisa berjalan mundur dengan kecepatan sekitar 3 km/jam.

Konsep motor dengan penggerak listrik di roda depan saat ini juga makin logis diimplementasikan karena temuan teknologinya juga makin fungsional. Contoh gampangnya, saat pengendara melakukan pengereman, secara otomatis energi kinetis yang muncul akan langsung mengisi ulang baterai motor. Tak perlu untuk dicharge lagi secara khusus.