Yamaha Scorpio yang "Disuntik Mati" Hadir Kembali

Ahmad Djainudin
Ahmad Djainudin 06 Oct 2017 - 09:45
Yamaha Scorpio yang "Disuntik Mati" Hadir Kembali
Yamaha Scorpio (istimewa)

KabarOto.com - Kendaraan roda dua berlogo kalajengking, Yamaha Scorpio, yang sudah lama 'disuntik mati' alias sudah lama tak diproduksi, santer dikabarkan bakal hadir kembal. Harganya relatif terjangkau Rp18 jutaan, namun dijual hanya untuk internal Yamaha.

Yamaha disebut-sebut telah melakukan discontinue Scorpio-Z yang sudah lama tak diproduksi. Scorpio memiliki torsi besar dengan kubikasi mesin mumpuni 225cc, cukup menarik perhatian di awal perilisan tahun 2010.

Desain tangki mirip RX King pada awal peluncurannya, disebut-sebut akan menggantikan posisi Yamaha RX King.

Baca Juga:

Sebenarnya Yamaha Scorpio pertama kali dibuat rencananya untuk menggantikan RX King, namun tidak sesuai harapan sebab harga terlalu tinggi.

kabaroto
Yamaha Scorpio (istimewa)

Seiring waktu berjalan, Yamaha melakukan revisi atau facelift dengan kehadiran generasi kedua. Desain yang menarik cukup mendapatkan tempat di kalangan bikers dan pencinta modifikasi, dengan alasan bodinya yang menarik dan mudah dimodifikasi.

Menggendong mesin 225cc dengan 5 percepatan dan SOHC 2 katup, Yamaha Scorpio mampu memuntahkan tenaga hingga 18HP dengan torsi 17,5NM.

Tahun 2010, Yamaha kembali mengeluarkan Yamaha Scorpio-Z yang diharapkan mampu melejitkan penjualan Scorpio. Sayang, perubahan desain Scorpio generasi ke-2 itu justru merusak bentuk rupawan sang kalajengking yang berimbas menurunnya daya tarik pembeli.

Mengalami keterpurukan penjualan, Yamaha memutuskan menghentikan produksi generasi ini dan fokus pada varian 150cc dan 250cc 2 silinder.

Tahun berlalu, siapa sangka ternyata Yamaha masih menyimpan beberapa unit Scorpio-Z. Konon sisa stok inilah yang dijual Yamaha untuk kalangan internal.

Menurut bocoran dari internal Yamaha, puluhan unit Scorpio bertenaga 18HP tahun raktian 2014 itu, ditawarkan Rp18 jutaan. Bisa didapatkan melalui sistem kredit.

Sayang, bila ingin mendapatkan motor Scorpio ini sepertinya Anda harus menjadi karyawan Yamaha, sebab hanya dijual kepada internal Yamaha saja. Atau mungkin bisa melaluinya melalui karyawan Yamaha.

Editor : ballian