POPULAR STORIES

Yamaha Siapkan Transmisi Otomatis Untuk MT-07 Generasi Terbaru, Ini Bocorannya

Yamaha Siapkan Transmisi Otomatis untuk MT-07 Generasi Terbaru, Ini Bocorannya Yamaha MT-07 (Visordown)

KabarOto.com - Terus melakukan pengembangan untuk model terbarunya, Yamaha kabarnya sedang menyiapkan transmisi semi-otomatis untuk MT-07 generasi baru. Hal tersebut diketahui melalui pengajuan paten yang dilakukan perusahaan baru-baru ini.

Selain MT-07, sistem ini juga akan diterapkan pada sepeda motor lain yang menggunakan mesin dua silinder 690cc CP2, seperti dilansir Visordown, Jumat (26/4/2024).

Baca Juga : Yamaha Aerox 155 Versi Malaysia Dapat Penyegaran Warna Baru

Dari data yang diterbitkan oleh Cycle World, hak paten tersebut menunjukkan, sistem Yamaha akan menggunakan pengaturan semi-otomatis biasa, dan menghilangkan sepenuhnya tuas kopling dari palang kiri serta persneling dari pijakan kaki kiri.

Tak hanya itu, motor ini juga akan mendapatkan beberapa tombol di sisi kiri setang. Akan digunakan untuk mengoperasikan aktuator, yang ditempatkan di atas transmisi, dan pada dasarnya memungkinkan perpindahan gigi tanpa kopling.

Hal ini dilakukan, untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara saat berkendara di wilayah perkotaan yang padat, maupun touring jarak jauh. Berasal dari sistem ACC-S yang digunakan pada Yamaha FJR1300 2006, teknologi ini juga dapat digunakan dalam mode otomatis secara penuh.

Baca Juga : Yamaha XSR900 Versi 2024 Resmi Meluncur dengan Warna Baru, Dibanderol Rp 131 Jutaan

Dari sisi kinerja, sistem ini nantinya akan menempatkan aktuator di bagian luar rumah transmisi, dan modul kontrol yang secara efektif mengubah penekanan tombol menjadi perpindahan gigi pada rangka.

Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa sistem ini dapat diterapkan pada sepeda motor lain yang menggunakan mesin dua silinder 690cc CP2, seperti Yamaha Tenere 700 dan Tracer 7.

Dalam paten yang dibagikan, Yamaha MT-07 juga mengalami perubahan dengan bodywork baru, saluran udara pada tangki bahan bakar untuk mengalirkan udara ke modul kontrol auto-box, dan garpu depan terbalik.