Yoshihiko Matsuo, Desainer Datsun Fairlady Z Meninggal Dunia

Yoshihiko Matsuo, Desainer Datsun Fairlady Z Meninggal Dunia

KabarOto.com - Salah satu legenda industri otomotif meninggal dunia. Yoshihiko Matsuo, seorang Kepala Desainer Datsun Fairlady Z atau 240 Z meninggal pada 11 Juli 2020 silam dan baru dikabarkan beberapa waktu lalu oleh pihak keluarga.

"Kami merasa terhormat oleh keluarga Nissan yang masih terikat sangat kuat meskipun mendiang telah pensiun, namun semua ilmu, kepemimpinan, petuah dan nasihat dari mendiang mungkin dapat berguna bagi semua penggemar Nissan dan desainer di era modern ini," ujar Alfonso Albaisa selaku Senior Vice President Nissan.

Lahir di kota Himeji, Hyogo pada 10 Juli 1933, mendiang Matsuo memulai desain dengan gambar saat ia masih kecil dan tak terlalu populer di Jepang. Sebagai siswa, ia menggambar kendaraan roda 3 untuk Osaka Textile Industry yang merupakan divisi dari Daihatsu, kemudian model tersebut jadi desain pertamanya yang populer.

Baca Juga: Jadi Keluarga Baru Di Fairlady, Nissan 400Z Bakal Diluncurkan?

Beberapa tahun kemudian, setelah lulus, ia bergabung dengan Nissan dan secara cepat ditugaskan untuk merevisi desain Bluebird 410 agar dapat diterima publik dengan baik.

Tahun 1966, ia dipromosikan menjadi kepala desain di perusahaan tersebut, dan saat itu pula generasi Fairlady Z pertama lahir. Matsuo dan tim tak hanya bertanggung jawab pada desain namun juga pada produksi. Tepatnya, ia memastikan bagaimana semua komponen dapat berfungsi dengan baik dan memastikan keseimbangan rasio desain dan harga.