BRIN Dan Viar Bikin Motor Listrik Untuk Penyandang Disabilitas

 BRIN dan Viar Bikin Motor Listrik untuk Penyandang Disabilitas Konsep kendaraan listrik E-Tricycle (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Badan Riset dan Inovasi (BRIN) bersama Viar, menjalin kerjasama menghadirkan konsep kendaraan listrik roda tiga di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022.

Motor listrik bernama E-Tricycle ini, dibuat khusus untuk penyandang disabilitas. Secara tampilan, E-Tricycle terbilang cukup menarik. Desainnya mirip mobil golf. Bagian belakangnya bisa digunakan untuk membawa barang dagangan.

Baca Juga : United E-Motor Meluncurkan Skutik Listrik TX3000 Dan TX1800

Area pengemudi terdapat tempat penyimpanan

Rendra Dwi Firmansyah, Peneliti BRIN mengatakan, kendaraan ini merupakan upaya pemberdayaan disabilitas untuk berniaga. Sehingga, mereka bisa mandiri dan punya daya saing.

"Kerjasama ini dilakukan untuk mendesain ulang produk Viar. Ini bentuk prototipe masih sekitar 90 persen," jelas Rendra.

Rencananya, bagian belakang akan dilengkapi dengan dispenser, sedangkan bagian depan bisa menjadi tempat menerima pesanan, sehingga pemilik tidak perlu turun dari kendaraan.

Baca Juga : Ketum IMI Ingin Konversi Motor Bensin Ke Listrik Ada Suaranya

Logo Viar di bodi kendaraan (Foto: KabarOto Sigit)

Sebagai informasi, E-Tricycle memiliki bobot bersih 150 kg, dimensi panjang 1.400 mm, lebar 690 mm, dan tinggi 1.640 mm. Jarak sumbu roda 1.230 mm, jarak terendah dari tanah 150 mm.

Spesifikasi baterai 48V 20 Ah, terdiri dari empat rangkaian baterai, Masing-masing memiliki daya 12 V 20 Ah. Motor listrik alias dinamo tipe BLDC, menghasilkan 4.800 putaran, diklaim mampu membawa beban sampai 600 kg.

Berita Terkait

Berita Terkait