10 Hal Yang Perlu Diketahui Dari All New Toyota Avanza Dan All New Veloz

10 Hal yang Perlu Diketahui dari All New Toyota Avanza dan All New Veloz

KabarOto.com – Kehadiran 2 MPV fenomenal dari Toyota ini tentu sangat ditunggu oleh masyarakat. Banyak kebaruan dan fitur baru yang digendong oleh All New Avanza (ANA) dan All New Veloz (ANV), fitur yang menunjang keamanan juga kenyamanan berkendara.

Nah, buat calon konsumen yang berniat untuk meminang salah satu di antara 2 kendaraan tersebut, simak dulu hal yang perlu diketahui dari ANA dan ANV. Ini dia!

Baca juga: Ini Daftar Harga Lengkap All New Toyota Avanza Dan Veloz

PCD 5x100

Ada yang berbeda dari lingkar roda All New Avanza (ANA) dan All New Veloz (ANV). Kalau pada generasi sebelumnya, Avanza-Veloz menggunakan lingkar roda berdiameter 15 inci dengan PCD (Pitch Circle Diameter) 4x114,3, sedangkan pada ANA 16 inci, dan ANV 17 inci. Meningkatnya diameter roda tersebut, diimbangi dengan penggantian ukuran PCD menjadi 5x100. Sama dengan milik Raize, Altis, maupun Toyota 86.

Dimas Azka, Head of Interactive Communication Department PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, perubahan ini karena kenaikan diameter roda, harus diimbangi dengan kekuatan baut roda yang ‘mengikatnya’. PCD 4x114,3 sudah kuat, tapi 5x100 akan lebih kuat lagi.

Sebenarnya, ukuran PCD 5x100 ini bisa dikatakan ‘unik’. Karena, jika pemilik ANA dan ANV ingin kendaraannya tampil lebih personal, ketersediaan velg aftermarket-nya agak jarang ada di pasaran. “Nah, selain alasan utamanya adalah faktor kekuatan, harapannya dengan semakin banyak kendaraan ber-PCD 5x100, industri aftermarket juga akan terpicu untuk menghadirkan velg-velg aftermarket ber-PCD 5x100," tambahnya.

Ban

Sudah menjadi rahasia umum, kalau satu model kendaraan menggunakan 2 merek ban yang berbeda. Begitu juga dengan ANA dan ANV, kedua MPV tersebut menggunakan ban produk GT Radial dan Bridgestone. Lho, kok bisa!? Hal ini bukan tanpa maksud, atau ingin membedakan mobil satu dengan yang lainnya.

“Ini memang sudah menjadi kebijakan dari global. Pabrikan harus bekerja sama dengan 2 – 3 vendor ban.” Jelas Dimas. “Kenapa? Misalnya salah satu vendor ada masalah produksi, kita masih ada vendor yang lain. Sehingga, tidak menghambat proses produksi dan pengiriman kendaraan ke customer,” imbuhnya.

Lalu, bagaimana dengan kualitas dan performanya? Tenang saja, kualitas dan performa ban bisa dikatakan sama, walaupun berbeda merek.

Baca juga: Profil All New Toyota Veloz

T Intouch

Ini adalah salah satu fitur ‘kebanggaan’ yang disematkan pada ANA dan ANV. Yes, fitur T Intouch ini sebelumnya hanya diterapkan pada model premium yaitu New Camry. Wow!

T Intouch adalah teknologi telematika yang terpasang di ANA dan ANV, yang menghubungkan kendaraan dengan aplikasi mTOYOTA. Sehingga pemilik bisa terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota.

Apa saja sih fitur-fitur pada T Intouch? Pertama, ada fitur Find My Car yang dapat mengetahui secara akurat dimana kendaraan diparkir. Kemudian, fitur Geofencing yang memberikan peringatan saat kendaraan berada di luar zona resmi.

Selain itu, ada fitur E-Care (Maintenance), Inquiry & Support Center (call center Toyota), Road Assistance yang menyediakan tombol ‘SOS’ ketika pengemudi mengalami kecelakaan, dan menghubungkan pengemudi dengan call center Toyota.

Beda Karakter

Secara garis besar, pengembangan kedua MPV andalan Toyota ini benar-benar baru, dan memang dibedakan dari awal perencanaan dan perancangannya. Mengapa? Hal tersebut untuk memenuhi 2 profil konsumen dan kebutuhan mobilitas yang berbeda.

All New Avanza dibangun sebagai kendaraan fungsional yang mampu diandalkan dengan nilai value for money yang lebih baik. Hal ini sesuai dengan profil konsumennya yang lebih mengedepankan aspek fungsional, baik di dalam maupun luar kota.

Nah, sekarang All New Veloz punya desain yang lebih catchy dengan positioning yang berbeda, serta dilengkapi dengan fitur advance yang lengkap dan memanjakan penumpang. Hal ini disesuaikan dengan profil konsumen yang membutuhkan kendaraan sebagai teman mobilitas lifestyle.

Biar gak beririsan dan ada benang merah perbedaaan antara All New Avanza dan All New Veloz, tim engineer yang ngerjain 2 mobil itu juga berbeda,” jelas Dimas.