10 Tips Jitu Cara Membeli Mobil Bekas

10 Tips Jitu Cara Membeli Mobil Bekas

KabarOto.Com – Ingin membeli mobil bekas untuk mudik lebaran nanti? Simak tips-tips yang harus diperhatikan agar tidak terkecoh. Membeli mobil bekas harus cermat melihat kondisi mobil tersebut, bukannya untung tapi buntung.

KabarOto memberikan beberapa tips sebelum membeli mobil bekas yang bisa langsung pakai, berikut tipsnya.

1. Jangan asal pilih, membeli mobil jangan asal pilih dan perhatikan riwayat mobil, kondisi mobil, hingg kelengkapannya. Jangan sampai beli mobil bekas yang banyak perbaikan terutama bagian mesin.

2. Perhatikan kondisi fisik mobil, penting untuk memperhatikan kondisi fisik mobil. Ada beberapa cara mengetahui apakah jarak tempuh mobil benar-benar sesuai kenyataan atau dimanipulasi. Mobil dengan jarak tempuh rendah berarti jarang digunakan. Jika mobil jarang digunakan, otomatis kondisi mobil masih sangat mulus dan cat masih mengkilap.

Jadi antara eksterior dan interior itu harus sesuai. Jangan sampai mobil terlihat kusam, kondisi ban sudah mulai menipis tetapi kilometer masih rendah ini patut dicurigai. Jangan lupa mengantisipasi kondisi mobil yang pernah terendam banjir atau bekas tabrakan.

Untuk bagian interior, perhatikan plafon tidak menghitam, dan jok kusam serta tidak robek. Cek juga bagian atap mobil dan bandingkan dengan cat bodi samping. Bagian atas jarang sekali diperhatikan. Kalau cat samping masih bagus sementara cat atas sudah kusam, berarti mobil sering terkena sinar matahari, kemungkinan mobil sering digunakan atau parkir diluar dengan terkena panas matahari dan hujan.

Baca juga: Penting Nih, Tips Menghindari Begal Motor di Malam Hari

Mesin merupakan bagian paling penting, oleh karena itu pastikan kondisi mesinnya dalam kondisi baik

3. Jangan tergoda dengan harga yang murah, seperti di bawah Rp 100 juta. Jika kurang paham tentang mobil ajaklah teman anda yang paham dengan otomotif. Jangan kepincut mobil bekas hanya karena tampilan luar yang mulus, interior yang bersih dan wangi serta diskon besar karena belum tentu kondisi sepertinya prima.

4. Surat-surat lengkap, pastikan mobil bekas yang dipilih tidak bodong, alias punya surat-surat yang masih lengkap dan tidak mati. Pastikan mobil yang akan dibeli bukan mobil curian. Pastikan kelengkapan surat wajib seperti STNK, BPKB hingga Faktur. Jika anda membeli mobil built-up tanyakan Form A mobil tersebut.

5. Pertimbangkan tempat beli, membeli mobil di showroom akan mendapatkan banyak pilihan. Namun anda harus tahu biaya pembelian lebih besar dibandingkan membeli langsung dari penjual. Membeli dari tangan dari penjualnya langsung setidaknya menjadi pilihan terbaik. Karena akan anda akan tahu kondisi perawatan dari mobil dan harga tentu lebih bervariatif serta kompetitif.

6. Lihat Asuransi, membeli mobil bekas harus memperhatikan apakah ada asuransi pada mobil tersebut. Jika mobil bekas mempunyai asuransi tentu ini akan sangat baik. Asuransi bisa dipindah tangankan melalui proses balik nama pada perusahaan asuransi yang menjamin kendaraan yang akan dibeli.

7. Kredit atau tunai, saat membeli mobil bekas bisa mempertimbangkan apakah membeli secara tunai atau kredit. Butuh pertimbangan matang dengan menyesuaikan kondisi finansial. Jika ingin membelisecara kredit anda harus mempertimbangkan cicilan yang harus dibayar setiap bulannya tidak melebihi 1/3 dari pendapatan. Hal ini tidak akan membuat beban hidup sehari-hari menjadi berat.

Baca juga: Tips Taklukkan Kepadatan Jalan Saat Berpuasa ala Auto2000

Ketahui sejarah mobil, mobil bertampilan mulus tidak bisa menjadi acuan

Cara terbaik dalam membeli mobil adalah dengan membayarnya tunai, karena hal ini membuat beban biaya pada diri kita akan ringan. Berbeda dengan cara kredit, memiliki beban biaya bunga tinggi serta jangka waktu pembayaran cicilan yang cukup lama. Apalagi harga mobil akan semakin tinggi, tergantung dari bunga pinjaman yang diterima.

8. Perhatikan pajak tahunan, ada baiknya anda melihat pajak tahunan dari mobil bekas tersebut. Beli mobil bekas yang jatuh temponya masih panjang. Bahkan kalau bisa di atas 6 bulan. Jadi anda bisa menyisihkan uang untuk biaya balik mobil.

9. Cek kondisi mesin, jika mobil bekas banjir suara mesinnya lebih keras darimobil normal. Saat ini bengkel-bengkel mobil sudah semakin canggih dan menggunakan sistem komputerisasi untuk mengecek kondisi mesin.

10. Test Drive, terakhir tips membeli mobil bekas baik bertransmisi otomatis atau manual harus melakukan test drive. Untuk berjaga-jaga jika mobil tersebut memiliki kerusakan yang tersembunyi. Disini kejelian anda diuji, untuk mengetahui kondisi sebenarnya dari mobil, anda bisa mengetahui kondisi komponen seperti suspensi, power stering, hingga kondisi mesin atau transmisi mobil itu sendiri.

Itulah tips cara membeli mobil bekas yang paling mendasar, semoga anda terbantukan dengan adanya tips ini. (Rizky Hidayat)