Penting Nih, Tips Menghindari Begal Motor Di Malam Hari

Penting Nih, Tips Menghindari Begal Motor di Malam Hari Ilustrasi Foto: Istimewa

KabarOto.com - Memasuki bulan Ramadan seharusnya diisi dengan kegiatan yang baik, seperti sholat tarawih dan tadarusan. Namun beberapa oknum memanfaatkan bulan Ramadhan ini dengan kegiatan kriminal, yaitu membegal. Begal dalam kata lain adalah merampas motor dengan cara paksa dan tidak segan melukai korbannya yang melawan.

Belakangan di media sosial beredar kabar beberapa begal memburu korbannya di ruas jalanan Ibu Kota. Mereka melakukan aksinya saat malam hari, bahkan diatas jam 12.00 Wib malam. Nah bagi Anda yang melakukan aktititas seperti bekerja hingga larut malam, ada baiknya selalu waspada.

Baca Juga: MKC, Kegiatannya Mulai Dari Touring Sampai Patroli Begal

Agus Sani, Instruktur safety riding PT Wanaha Makmur Sejati, distributor sepeda motor Honda di Jakarta dan Tangerang memberikan beberapa tips untuk menghindari begal.

1. Pilih waktu yang tepat untuk berkendara. Sebisa mungkin memilih waktu yang pas saat berkendara motor, hindari berkendara di malam hari diatas jam 22.00. Karena di jam tersebut biasanya kendaraan bermotor sudah semakin jarang.

2. Jika terpaksa larut malam, usahakan ada teman. Cari teman searah perjalanan sebisa mungkin agar tidak sendirian. Jika bisa konvoi dengan pengendara lain yang satu arah perjalanan. karena biasanya begal mencari pengendara motor yang berjalan sendirian.

3. Pilih rute aman dalam hal keramaian dan penerangan. Pilih rute yang aman seperti jalan raya yang selalu ramai dan yang diterangi oleh lampu jalan. Begal biasanya beraksi di daerah yang sepi dan agak gelap, jika terang dan ramai mereka takut aksinya akan ketawan.

4. Jangan panik jika ada kendaraan yang mencurigakan dan segara berhenti di tempat ramai ataupun kantor kepolisian sesuai rute yang ditempuh. Karena jika panik begal tersebut akan terus memburu sampai kita menjadi korbannya.

5. Meningkatkan kemampuan berkendara anda. Kemampuan berkendara harus ditingkatkan, seperti mengendalikan motor saat kecepatan tinggi, dan juga pengereman yang sesuai dengan jarak. Jangan sampai kita menghindari begal dengan ngebut sementara kita tidak bisa mengendalikannya, maka motor akan jatuh atau menabrak.

Baca Juga: Begal Datangi Mahasiswa BSI

Tidak ada satupun orang yang ingin menjadi korban kejahatan ini, waspada dan jeli menjadi kunci menghadapi begal. “Selain jeli dan waspada, perencanaan perjalanan dengan motor di malam hari patut diperhatikan. Lainnya, kemampuan berkendara juga dapat menjadi satu tips untuk dapat menghidari kejahatan begal di jalan raya,” terang Agus Sani.