17 Maret, Jembatan Suramadu Akan Ditutup Karena Kegiatan Ini

17 Maret, Jembatan Suramadu Akan Ditutup Karena Kegiatan Ini Jembatan Suramadu (ist)

KabarOto.com - Bagi warga Surabaya dan pulau Madura yang dalam aktifitas kesehariannya sering melewati jembatan Suramadu, nampaknya hari minggu ini harus berhenti sementara. Pihak Kepolisian akan menutup sementara Jembatan Suramadu yang menghubungkan kota Surabaya dan pulau Madura itu pada Minggu (17/03).

Hal tersebut dikarenakan, Polda Jawa Timur akan menggelar Millennial Road Safety Festival sekaligus pembersihan jembatan. Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, Jembatan Suramadu sengaja dipilih menjadi tempat berlangsungnya puncak acara Millenial Road Safety Festival (MRSF) karena untuk menghindari terjadinya kemacetan.

Baca Juga: Turunkan Angka Kecelakaan, Polda Metro Menggelar Road Safety Millenial

Kegiatan tersebut rencananya akan berlangsung di atas Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) mulai pukul 05.00 hingga 11.00. Di acara tersebut akan ada banyak kegiatan edukasi kepada pengendara, pejalan kaki, lalu ada kegiatan-kegiatan lain seperti melakukan undian, fun walk, band, kegiatan di laut, dan lain-lain.

Ilustrasi kegiatan MRSF

"Pemecahan rekor MURI nanti ada di sana. Banyak hal nanti yang akan kita persembahkan untuk Jawa Timur. Ada nanti menari di seribu perahu kapal, kemudian jump, ada lagi kegiatan yang kita sampaikan kepada masyarakat. Via Vallen, artis-artis untuk kita menarik masyarakat supaya masyarakat datamg melihat bahwa pesan-pesan jalan raya, nanti bisa sampai ke tengah-tengah masyarakat," jelas Frans.

Pengumuman penutupan jembatan Suramadu

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur Fattah Jasin mengatakan, akan dilakukan rekayasa lalu lintas sehubungan dengan ditutupnya Jembatan Suramadu. Bagi pengendara dari Surabaya yang hendak menuju Madura, dialihkan ke Dermaga Ujung, Surabaya. Sementara yang dari arah Madura ke Surabaya, bakal dialihkan ke Dermaga Kamal, Madura.

Selama Jembatan Suramadu ditutup, arus kendaraan yang ingin menuju Madura maupun Surabaya akan dialihkan untuk menggunakan kapal ferry di Pelabuhan Tanjung Perak.

"Akan ada penambahan armada kapal untuk mengangkut kendaraan pengendara di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya dan di Pelabuhan Kamal, Bangkalan, Madura saat acara digelar," jelas Fattah.

Baca Juga: Gabungan Polisi Jember Gelar Millenial Road Safety Festival

Selain itu, Dinas Perhubungan Jawa Timur juga akan menambah jumlah kapal di Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Kamal selama penutupan jembatan berlangsung. "Pertama pasti ada penambahan kapal untuk penyeberangan yang selama ini hanya dilayani oleh 4 atau 6 kapal. Itu harus ditambah," tutup Fattah.