2 Produk Otomotif Karya Anak Bangsa Dipastikan Absen Di GIIAS 2019

2 Produk Otomotif Karya Anak Bangsa Dipastikan Absen di GIIAS 2019 AMMDes

KabarOto.com - Perhelatan otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 bakal berlangsung mulai tanggal 18 hinggal 28 Juli 2019 mendatang di ICE (Indonesia Convention Exhibition) BSD City, Tangerang. Sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan di Indonesia, dipastikan bakal memeriahkan ajang tersebut.

Namun sayang dari sederet peserta ajang otomotif tahunan itu, tidak dimeriahkan oleh kehadiran Alat Mekanis Multifungsi Pedesaan (AMMDes) yang dirilis langsung oleh Presiden Joko Widodo di ajang GIIAS 2018 lalu.

Menurut Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), alasan AMMDes tidak turut berpartisipasi di ajang GIIAS tahun ini karena, AMMDes bukan mobil.

Baca juga: Resmi Meluncur, Ini Ragam Dan Spesifikasi AMMDes

"Tahun lalu memang diluncurkan di GIIAS, karena ingin memanfaatkan animo peserta dan pengunjung GIIAS. Sehingga, AMMDes bisa terangkat dan diketahui oleh masyarakat," jelas Nangoi saat ditemui awak media di Jakarta, Kamis (04/07).

Berdasarkan daftar peserta yang turut memeriahkan GIIAS 2019, nama AMMDes memang diketahui absen dalam daftar kendaraan di pameran berskala internasional itu. AMMDes merupakan karya anak bangsa yang dikenal sebagai alat multifungsi. "Kenapa tidak itu (AMMDes), karena bukan anggota dari Gaikindo," bebernya.

AMMDes

"Selanjutnya, mungkin bisa ditanyakan ke pihak Kementerian Perindustrian, khususnya ke Dirjen ILMATE, dan pihak bersangkutan yang lebih mengetahuinya," imbuhnya.

Baca juga: Penasaran Harga AMMDes? Ini Rinciannya

Selain AMMDes, nama produk otomotif lokal lainnya, yakni Fin Komodo, juga tidak ikut memeriahkan ajang GIIAS tahun ini.

Nangoi memaparkan, "Fin Komodi, juga kembali saya katakan, bukan anggota Gaikindo. Untuk informasi lebih lanjutnya bisa ditanyakan ke pihak terkait. Kami Gaikindo, tidak terlalu mengetahui mengenai informasi Fin Komodo," tukasnya.