POPULAR STORIES

23 Kota Dan Kabupaten Di Indonesia Komit Menata Jalan Untuk Keselamatan Pengendara

23 Kota dan Kabupaten di Indonesia Komit Menata Jalan untuk Keselamatan Pengendara Data keselamatan di jalan menjadi satu penilaian adalam Indonesia Road Safety Awards 2019

KabarOto.com - Setelah sukses diselenggarakan di tahun-tahun sebelumnya, penganugerahaan Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2019 kembali digelar untuk ketujuh kalinya oleh Adira Finance. Tahun ini, penganugerahan IRSA 2019 diikuti oleh 180 kota dan kabupaten.

Dari jumlah tersebut terpilih 23 finalis berdasarkan data-data keselamatan jalan seperti jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah kecelakaan, jumlah fatalitas kecelakaan, dan data pendukung lainnya.

Seleksi para pemenang memasuki tahap berikutnya yaitu observasi lapangan dan survei kepuasan pengguna jalan. Tujuannya untuk mengeksplorasi dan mengukur kualitas penerapan tata kelola keselamatan jalan di 23 kota dan kabupaten tersebut.

Tahap terakhir adalah penjurian dan sharing session yang telah dilakukan pada Oktober lalu di Gedung Kementerian PPN/Bappenas.

Baca Juga: Cara Perusahaan Asuransi Mengkampanyekan Keselamatan Berkendara

Perwakilan kabupaten dan Kota di Indonesia pemenang IRSA 2019

Julian Noor, Chief Executive Officer Adira Insurance mengatakan perbedaan IRSA tahun ini dengan sebelumnya, diantaranya penambahan kategori finalis.

"Salah satunya kami menambahkan kategori Ibukota Provinsi, hal ini untuk meningkatkan kualitas riset agar semakin seimbang antar finalis," paparnya di Shangri-La Hotel, Jakarta.

Penambahan kategori juga dari hasil evaluasi pelaksanaan IRSA 2018 dan masukan dari 5 pilar kementerian serta pakar keselamatan jalan dalam forum IRSA 2019 yang telah dilakukan Februari lalu.

Julian menambahkan, IRSA 2019 ini mengangkat tema Road Safety Through Smart Mobilty, dikaitkan dengan era serba cepat seperti saat ini. Sistem tata kelola keselamatan jalan menurut Julian harus mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Melalui perpindahan penduduk yang efektif, efisien, dan terintegrasi dengan penggunaan teknologi yang terbarukan untuk mewujudkan zero accident di Indonesia,” terangnya lagi.

Melalui IRSA, Adira Insurance mengajak seluruh lapisan masyarakat melalui pemerintah kota dan kabupaten untuk terus menularkan virus road safety.

"Kami berharap pesan dan semangat IRSA terus menular hingga seluruh wilayah di Indonesia," paparnya.

Pemenang IRSA dapat menjadi inspirasi dan role model bagi pemerintah kota dan kabupaten di seluruh Indonesia, "Untuk dapat mengembangkan program-program dan tata kelola keselamatan jalan dengan lebih baik lagi,” tutup Julian.

Baca Juga: Adira Insurance Rilis Para Penerima Penghargaan IRSA 2018

Berikut kategori IRSA 2019, diantaranya Kota dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi, Kategori Kota dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Rendah, Kategori Kabupaten dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi, Kategori Kabupaten dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Rendah, Kategori Kota/Kabupaten “Excellent City 2019”, Kategori Ibukota Provinsi dan Penghargaan Khusus.

Berikut pemenang Indonesia Road Safety Awards 2019

  • Kategori Kota dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi Kota Depok
  • Kategori Kota dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Rendah Kota Banjarbaru
  • Kategori Kabupaten dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi Kabupaten Pacitan
  • Kategori Kabupaten dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Rendah Kabupaten Musi Banyuasin
  • Kategori Kota/Kabupaten “Excellent City 2019” Kota Semarang
  • Kategori Ibukota Provinsi Kota Bandung
  • Penghargaan Khusus:
  1. Kota/kabupaten terbaik pada program kemitraaan Kota Banjarbaru
  2. Kota/kabupaten terbaik pada angkutan umum Kota Semarang
  3. Kota/kabupaten terbaik pada program sosialisasi dan edukasi keselamatan jalan Kota Banjarbaru
  4. Kota/kabupaten terbaik pada program Public Service Center Kabupaten Bangka