POPULAR STORIES

Adira Insurance Rilis Para Penerima Penghargaan IRSA 2018

Adira Insurance Rilis Para Penerima Penghargaan IRSA 2018 Penghargaan IRSA 2018

KabarOto.com - Korlantas Polri mencatat bahwa sebanyak 98.414 kasus kecelakaan lalu-lintas masih terjadi di tahun 2017 lalu. Angka tersebut memang mengalami penurunan sekira tujuh persen, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai 105.374 kasus.

Kecelakaan di tahun 2017 tercatat merenggut sekitar 24.213 jiwa. Angka tersebut mengalami penurunan sekitar 6 persen dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 25.859 jiwa. Untuk dapat terus menekan tingkat kecelakaan lalu-lintas, Adira Insurance kembali menggelar Indonesia Road Safety Award (IRSA) untuk keenam kalinya.

Melalui IRSA, Adira Insurance ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat menerapkan sistem tata kelola keselamatan jalan yang baik, di kota dan kabupaten masing-masing.

Baca juga: Adira Insurance Berikan Indonesia Road Safety Award (IRSA) Kepada Kabupaten Dan Kota

“IRSA didukung penuh oleh Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional/BAPPENAS sebagai kordinator 5 pilar keselamatan jalan. Ini kedua kalinya hasil riset IRSA dijadikan laporan yang disampaikan oleh Kementerian PPN/BAPPENAS di kancah internasional dalam hal penerapan tata kelola keselamatan jalan,” ungkap Julian Noor, Chief Executive Adira Insurance saat berbincang dengan KabarOto di Hotel JW Marriot, Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Lebih jauh Julian menambahkan, "Harapannya kolaborasi yang telah terjalin bisa mendorong pelaksanaan penerapan program keselamatan jalan yang baik dan menurunkan tingkat kecelakaan di Indonesia," imbuhnya.

IRSA memiliki bentuk kolaborasi dan sinergi dengan 5 pilar keselamatan jalan di Indonesia yang disesuaikan dengan Rancangan Umum Nasional Keselamatan (RUNK) Jalan, di antaranya Kementerian PPN/BAPPENAS, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, Korps Lalu-Lintas RI dan Kementerian Kesehatan.

Baca juga: Pemkot Bandung Gencarkan Kampanye Keselamatan Berlalu Lintas

Pada penyelenggaraan IRSA tahun ini tercatat sebanyak 137 kota dan kabupaten yang ikut serta dalam IRSA 2018. Dari 137 peserta, terpilih 23 kota dan kabupaten finalis IRSA 2018. 23 finalis terpilih berdasarkan data-data keselamtan jalan seperti jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah kecelakaan, jumlah fatalitas kecelakaan, dan data pendukung lainnya melalui tahap shortllisting.

Berikut kota-kota yang meraih penghargaaan IRSA 2018:

  • Kategori Kota dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi : Bandung
  • Kategori Kota dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Rendah : Samarinda
  • Kategori Kabupaten dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi : Pacitan
  • Kategori Kabupaten dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Rendah : Bangka
  • Kategori Kota/Kabupaten “Excellent City 2017” : Semarang
  • Kota/Kabupaten dengan program inovasi terbaik dalam upaya meningkatkan tata kelola keselamatan jalan : Bandung
  • Kota/Kabupaten terbaik pada program edukasi keselamatan jalan : Bandung
  • Kota/Kabupaten terbaik pada upaya meningkatkan jumlah penggunaan angkutan umum : Semarang
  • Kota/Kabupaten dalam penerapan konsep smart city pada program keselamatan jalan : Semarang
  • The Most Inspiring City in Road Safety : Surabaya