POPULAR STORIES

23 Rest Area Dan SPBU Segera Dibangun Di Sepanjang Jalur Pansela

23 Rest Area dan SPBU Segera Dibangun di Sepanjang Jalur Pansela Jalur Selatan menjadi pilihan lain selain Pantura saat mudik Lebaran (Foto: Antara)

KabarOto.com - Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR sedang melakukan survei untuk membangun rest area dan SPBU di jalur pantai selatan (pansela) mulai dari Banten hingga Jawa Timur.

Total terdapat 23 rest area yang direkomendasikan untuk dibangun di jalur pansela. Jawa Tengah 2 titik, Jawa Barat 6 titik, Jawa Tengah 9 titik, dan Jawa Timur 6 titik.

Baca Juga : Cuaca Buruk Waspada Aquaplaning

Tak hanya rencana pembangunan rest area dan SPBU, Kementerian PUPR juga akan segera menyelesaikan progres pembangunan jalur pansela dari titik nol pansela di Simpang Labuan, Provinsi Banten hingga Jawa Timur sepanjang 1.543 kilometer.

"Masih ada 229 kilometer di Provinsi Jawa Timur yang on going project yang dalam waktu 2-3 tahun ke depan akan tersambung," ujar Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I Kementerian PUPR, Akhmad Cahyadi.

Ia mengakui, jalur pansela bisa dijadikan alternatif bagi pemudik jika jalur pantai utara (pantura) padat. Namun, di jalur pansela masih ada kekurangan seperti penerangan jalan, perambuan, dan terbatasnya SPBU.

Jalur Pansela yang dilapis aspal mulus (PUPR)

"Di jalur pansela ini jalannya cukup baik dengan kemantapan jalan hingga 85 persen, bebas dari kemacetan, pemandangan pantainya indah dan banyak tempat-tempat kuliner," ungkapnya.

Sementara, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno mencatat sejumlah alasan mengapa jalur pansela kurang begitu diminati pemudik, yaitu minimnya penerangan jalan, kurangnya rambu-rambu yang bisa membahayakan pengendara, dan minimnya rest area serta SPBU.

Baca Juga : Musim Hujan Perhatikan Cairan Rem Terkontaminasi Air

"Kami akan kebut pembangunan fasilitas keselamatan jalan untuk penerangan jalan dan perambuan. Mudah-mudahan pembangunannya selesai sebelum musim mudik Lebaran," ujar Hendro.