Maspi Berikan Edukasi Soal Pelumas

Maspi Berikan Edukasi Soal Pelumas Penyerahan sertifikat oleh Bp. Barman Tambunan (Ketua Umum MASPI) kepada Bp. Juergen Gunawan (Willbern Group) sebagai salah satu sponsor penyelenggaraan acara ‘The Right Lubricants for The Right Car’

KabarOto.com - Kendaraan yang kita gunakan merupakan aset berharga. Tentu jika ingin tetap terjaga, lakukanlah perawatan dan berikan pelumas yang baik. Makanya, 3 elemen pelumas yakni Petrolab Service, Willbern Auto Chemical dan Gulf Oil Lubricants Indonesia bersama Maspi, memberikan edukasi pelumas dan pelumasan, berlokasi di gedung PT Petrolab Service, Jakarta Sabtu 24/2/2018.

Baca Juga: Masyarakat Pelumas Indonesia (MASPI) Terbentuk untuk Penggiat Otomotif Tanah Air

Kegiatan yang dihadiri berbagai klub dan komunitas otomotif ini dipandu oleh para ahli juga pakar di bidang pelumas seperti di antaranya Dr. Ir. Barman Tambunan, M.Sc (Ketua Umum Maspi/Direktur BPPT), Nugraha Kartasasmita M.Eng, Tribologist (Bidang Sertifikasi Pendidikan Maspi), Gilar Herliana Putra, ST, MLA-I (PT. Petrolab Services), Juergen Gunawan (PT. Willbern Tritium Indonesia) yang juga mewakili bagian sertifikasi profesi dan pendidikan dari Maspi.

"Semua oli pada dasarnya baik, namun jika tidak menggunakan oli yang tepat, maka akan mempengaruhi umur dari mesin kendaraan tersebut. Karena saat ini kendaraan dituntut harus berumur panjang dan ramah lingkungan. Jangan terkecoh dengan iming iming pada kemasan oli," ungkap Nugraha Kartasasmita M. Eng, Tribologist.

kabarOto
Nugraha Kartasasmita M. Eng, Tribologist, yang memberikan edukasi kepada klub dan komunitas otomotif

Untuk tetap menjaga keadaan mesin kendaraan tetap dalam keadaan baik, pemilik harus mengerti dan memahami karakter atau spesifikasi dari mesin kendaraan tersebut.

“Mesin yang terawat dengan baik biasanya menggunakan pelumas yang baik dan tepat, jadi jangan salah dalam memilih pelumas karena akan berakibat fatal bagi kendaraan. Perhatikan juga takaran dan aditif yang terdapat pada pelumas yang digunakan. Apakah sesuai dengan karakter mesin yang digunakan," Kata Ketua Umum Maspi/Direktur BPPT, Barman Tambunan.

Senada dengan Barman Tambunan, Juergen Gunawan, ST dari Willbern Group menambahkan. "Gunakan pelumas kendaraan sebaiknya yang sesuai dengan kebutuhan mesin kendaraan, jangan tergoda dengan iming-iming murah, dan juga sebaiknya terapkan pada kendaraan kita sebagai aset agar kita lebih berhati hati dan lebih mencintai kendaraan kita."

kabarOto
Juergen Gunawan, ST dari Willbern Group saat memberikan pemaparan.

Hal penting yang harus di pahami sebagai pengguna kendaraan dalam memilih pelumas yang baik, adalah fungsi dari pelumas tersebut. Fungsi pertama pelumas adalah, sebagai pelicin atau pelumas untuk menjaga gesekan yang terjadi pada bagian mesin.

Kedua, sebagai protection atau pelapis bagian permukaan mesin. Ketiga, sebagai pendingin bagian mesin akibat gesekan. Keempat, membersihkan bagian mesin akibat gesekan (menghilangkan gram karena gesekan yang terjadi di sela-sela bagian mesin yang terkecil).

Kelima, membantu meringankan saat pemindahan tenaga (persneling).