POPULAR STORIES

3 Komponen Baru Ini Bikin Toyota Yaris 2020 Punya Steering Radius Lebih Baik

3 Komponen Baru Ini Bikin Toyota Yaris 2020 Punya Steering Radius Lebih Baik

KabarOto.com - New Toyota Yaris 2020 resmi diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) hari ini (08/09) lewat peluncuran virtualnya. Ada beberapa hal baru yang bisa ditemukan di generasi ini terutama pada bagian detailnya.

Mobil ini punya radius putar yang lebih pendek yaitu 5,1 meter, lebih ringkas dari generasi sebelumnya di angka 5,7 meter. Terkait hal tersebut, Marketing Director PT Toyota–Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy angkat bicara.

Menurutnya ubahan steering ratio terjadi di seputar steering column, rack & pinion itu sendiri, "Saya sendiri salut ya dengan insinyur Toyota Motor Corporation (TMC), dengan 3 ubahan item, maka steering radius jadi lebih baik," ujarnya saat sesi wawancara sesaat setelah peluncuran.

Baca Juga: Profil - New Toyota Yaris, Apa Saja Yang Baru?

Ia juga menjabarkan secara teknis ketiga ubahan tersebut, "Saya sendiri lulusan teknik mesin, namun dari yang saya tahu, ubahan terjadi di steering gear, intermediate shaft dan pinion-nya," ujar Anton, sapaan akrabnya.

Menurutnya, alasan peningkatan kemampuan steering radius yang lebih baik tersebut berguna untuk memudahkan para pengemudi di jalanan Indonesia, "Kita lihat sendiri di Indonesia itu banyak U-turn, tidak seperti di Jepang yang sedikit, nah itu berguna untuk pengemudi disini," imbuhnya.

Tak hanya untuk kaum hawa, hal ini juga didedikasikan bagi para pengemudi laki-laki.

"Iya, buat semua. Tujuannya mempermudah dalam mengemudikan Toyota Yaris ini sehari-hari di jalanan Indonesia," tutupnya.