POPULAR STORIES

3 Rider Komunitas M8 Nusantara Selesaikan Perjalanan Keliling Indonesia

3 Rider Komunitas M8 Nusantara Selesaikan Perjalanan Keliling Indonesia Salah satu destinasi saat perjalanan (Foto: Komunitas M8 Nusantara)

KabarOto.com - Perjalanan keliling Indonesia yang dilakukan oleh 3 rider komunitas M8 Nusantara yaitu Vincent Soetedja, Efi Juwita, dan Harun Hefli, dalam tajuk Identitas Indonesia telah mencapai titik final pada tanggal 12 Maret 2022.

Diawali dari Bekasi pada tanggal 14 Agustus 2021, perjalanan panjang keliling Indonesia dengan sepeda motor, mengusung misi merekam budaya, sejarah, adat-istiadat, bahasa daerah dan keberagaman suku di berbagai penjuru Indonesia.

Perjalanan keliling Indonesia M8 Nusantara terbagi menjadi 5 Etape. Di mana, Etape 1 melintasi Jawa Bali NTB dan NTT, Etape 2 adalah pulau Sulawesi, Etape 3 Papua Maluku dan Maluku Utara, Etape 4 pulau Kalimantan, dan Etape 5 pulau Sumatera.

Baca Juga : Usia 70 Tahun, Dokter Spesialis Ini Masih Doyan Touring Dan Koleksi Motor Kencang

Titik 0 kilometer Indonesia

Motor yang digunakan masih tetap sama dari awal sampai selesai. Vincent Soetedja dengan Triumph Tiger 900 rally, Efi Juwita dengan Ducati Scrambler 800, dan Harun Hefli dengan Yamaha MT25.

Terdapat kesamaan nilai yang dipegang oleh berbagai suku yang berhasil ditemui oleh M8 Nusantara. Penghormatan kepada orang tua adalah nilai yang masih kuat dipegang di seluruh Nusantara. Gotong royong menjadi perekat dan merupakan sendi-sendi kehidupan bermasyarakat. Yang tidak kalah penting adalah nilai musyawarah untuk mencapai mufakat yang masih terus diterapkan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di dalam kehidupan.

“Seperti di Gorontalo, kami belajar filosofi yang mengedepankan kemandirian dalam membangun daerah dari Sultan Bubohu Bongo (alm), yaitu Yosep Tahir Ma’ruf. Dikatakan beliau ‘Sebelum kamu membangun untuk bangsamu, bangunlah lingkungan di sekitarmu terlebih dahulu’ menjadi kata yang sangat bermakna bagi kita semua,” ujar Efi Juwita.

Baca Juga : Doyan Touring Naik Motor? Toolkit Ini Wajib Dibawa

Berbagi pengalaman dengan siswa/siswi sekolah

Budaya dan adat akan terus mengalami transformasi sejalan dengan perkembangan zaman. Banyak sekali ditemui anak-anak muda dari kalangan milenial yang melakukan modernisasi budaya dengan tetap menjaga nilai-nilai esensi dari budaya tersebut. Tidak hanya berhenti di situ, dalam perjalanan ini M8 Nusantara juga berupaya membagikan cerita tentang negeri ini kepada anak anak SD, SMP, dan SMA di berbagai sekolah.

Perjalanan ini menempuh jarak lebih dari 16.000 km darat dengan menggunakan sepeda motor dan dapat diselesaikan tanpa hambatan yang berarti. Lima pulau besar dan kepulauan besar telah disambangi serta banyak sekali diskusi tentang wawasan kebangsaan dan budaya dengan masyarakat di berbagai tempat.

Berita Terkait

Berita Terkait