POPULAR STORIES

3M Jadi Standar Keamanan Pabrikan Astra Honda Motor

3M Jadi Standar Keamanan Pabrikan Astra Honda Motor Foto: Kipli

KabarOto.com - 3M gandeng Kemenhub dan Kedutaan besar Amerika Serikat wujudkan peningkatan keselamatan dijalan, melalui seminar yang digelar hari ini (5/12/2019). Konsep yang ingin diwujudkan mereka adalah membantu agar setiap anggota keluarga Indonesia dapat tiba di rumah dengan selamat.

Prof. Ir. Siti Malkhamah, M.Sc., Ph.D. Universitas Gajah Mada menjelaskan tingkat kecelakaan di Indonesia masuk dalam kategori memprihatinkan, "Menurut data Global Status Report on Road Safety, Indonesia menduduki peringkat ketiga tingkat kecelakaan tertinggi di dunia."

Melalui seminarnya, Audist Subekti Ph.D. selaku Director of Transportation and Electronics Business Group, PT 3M Indonesia menjelaskan bahwa untuk menekan angka tersebut, pihaknya mendukung program pemerintah untuk memperhatikan keselamatan di jalan raya khususnya untuk kendaraan besar.

Baca Juga: Stiker Pemantul Cahaya Lansiran 3M Ini Diklaim Mampu Kurangi Kecelakaan

"Contohnya truk trailer dengan dimensi yang panjang, mobil penumpang seringkali tak melihat muatan/ peti kemas tersebut ketika berbelok," ungkap Audist.

"Oleh karena itu sesuai Perdirjen Perhubungan Darat no. KP.3996/AJ.501/DRJD/2019, kami menyediakan 3M Diamond Grade Conspicuity yang merupakan stiker pemantul cahaya dengan standar ASTM D4956 bahkan melampaui standar UNECE-R 104 untuk membantu visibilitas kendaraan lain agar terlihat dari jarak jauh," sambungnya saat seminar di Jakarta.

Conspicuity atau stiker tersebut juga digunakan dan menjadi standar keselamatan pada motor-motor pabrikan Astra Honda Motor (AHM), "Mereka mengaplikasikannya pada bagian license plate (plat nomor) depan dan belakang untuk membantu visibilitas pengendara lain," tutupnya.