Stiker Pemantul Cahaya Lansiran 3M Ini Diklaim Mampu Kurangi Kecelakaan

Stiker Pemantul Cahaya lansiran 3M ini Diklaim Mampu Kurangi Kecelakaan Produk 3M Indonesia

KabarOto.com - Beberapa waktu lalu cukup sering terdengar kabar kecelakaan lalu lintas, terutama di jalan tol. Tak sedikit peristiwa yang memakan korban. Bahkan, pada awal tahun ini Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri sudah merilis data kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Indonesia dalam waktu dua tahun terakhir.

Hasil dari data yang dimiliki Korlantas, rata-rata di beberapa wilayah terjadi peningkatan jumlah peristiwa dan korban. Kecelakaan lalu lintas pada tahun 2017 mencapai 104.327 kejadian, kemudian naik menjadi 107.968 kejadian pada 2018.

Sementara korban meninggal dunia mencapai 30 ribu orang per tahunnya, atau 80 orang per hari. Nahasnya, Indonesia merupakan salah satu negara penyumbang kecelakaan lalu lintas tertinggi di dunia.

Baca Juga: Karpet 5D Antidebu, Beda Dari Karpet Biasa

Berbarengan dengan Indonesia Infrastructure Week (IIW) akan digelar selama tiga hari mulai 6-8 November, 3M Indonesia turut menghadirkan inovasi terbarunya. Kali ini produknya semakin menunjukkan keunggulannya guna mendukung keselamatan pengguna jalan.

3M Indonesia memboyong produknya mulai dari lembaran berstandar ASTM D4956, stiker pemantul cahaya, dan perlengkapan jalan lainnya.

"Inovasi yang kami hadirkan dapat dipastikan akan selalu selaras dengan peraturan yang berlaku di setiap pangsa pasar," ungkap Audist Subekti, PhD., Business Director Infrastructure, Construction, Energy, & Government Market, 3M Indonesia.

Baca Juga: Mengenal Sistem Speaker Two Way Dan Three Way Di Mobil

Pada acara IIW, 3M Indonesia mengenalkan produk 3M Diamond Grade Conspicuity yang sudah memenuhi Perdirjen Perhubungan Darat no. KP.3996/AJ.502/DRJD/2019. Produk ini memilki stiker pemantul cahaya tambahan yang memiliki efek retroreflektivitas.

Efek tersebut dapat membantu memberi peningkatan visibilitas pada kendaraan, baik siang atau malam hari. Hebatnya lagi, produk tersebut dapat berguna dalam segala cuaca.

Bahkan, produk ini juga sudah melampaui standar UNECE-R 104 tentang kendaraan angkutan barang. Hal tersebut dapat diketahui dari adanya logo E-Mark pada stiker. Melalui penggunaan conspicuity pada kendaraan trailer berat, studi di Eropa menyatakan bahwa sekitar 2.660 nyawa diselamatkan sejak tahun 1960 hingga 2012.

Kerennya, angka kecelakaan berkurang 21% dalam keadaan gelap atau ketika malam. Sementara pada siang hari berkurang 16%.

Baca Juga: Berkat Aksesori Spion LED, Tampilan All New Livina Makin Mewah

Selama IIW, 3M Indonesia menggandeng salah satu distributornya yaitu PT Nusindoprima untuk mengadakan demo produk. Di lokasi terserbut, pengunjung dapat melihat demo produk di dark room dan virtual reality (VR).

Jadi pengunjung juga bisa melihat simulasi penggunaan lembaran reflektif 3M™ Diamond Grade™ DG³ Reflective Sheeting dan 3M™ Diamond Grade™ Conspicuity Markings Series 983 seperti aslinya.