Mengenal Sistem Speaker Two Way Dan Three Way Di Mobil

Mengenal Sistem Speaker Two Way dan Three Way di Mobil Tweeter dan midrange. Foto: Kipli/KO

KabarOto.com - Berbicara soal fitur hiburan yang ada di kendaraan roda empat, pastinya akan berhubungan dengan sistem audio salah satunya adalah speaker. Tidak sekadar sebagai pengeras dan mengeluarkan suara, speaker cukup sering menjadi salah satu bagian mobil yang mendapat sentuhan modifikasi.

Biasanya sistem audio bawaan pabrik atau OEM pada mobil, umumnya ada satu head unit dengan speaker depan kiri dan kanan serta di belakang kiri dan kanan. Dengan jumlah speaker seperti ini, satu speaker mampu mengeluarkan bunyi mulai dari frekuensi rendah hingga tinggi.

Jika sebelumnya dalam satu speaker mampu menghasilkan suara dengan frekuensi yang luas, seiring berkembangnya zaman dan keinginan penikmat audio sudah masuk ke pembagian lagi. Pembagian ini disebut sistem two (2) way dan three (3) way.

Baca Juga: Jenis Speaker Beragam Dari Suara Yang Dikeluarkan, Ketahui Bedanya

Woofer dan tweeter pada satu panel, biasanya posisi ini digunakan pada sistem 3 way (Foto: Wandha/KO)

Nah, sebelumnya Sobat KabarOto perlu tahu kalau ternyata, untuk saat ini suara yang dihasilkan oleh speaker melalui beberapa pemecahan suara. Misalnya ada speaker tweeter untuk menghasilkan suara dengan frekuensi tinggi yaitu 3.500 hz sampai 10 Khz.

Berbeda dengan tweeter, woofer merupakan speaker yang bermain di frekuensi tengah. Speaker ini menghasilkan suara bass tinggi dan bass rendah dengan frekuensi bunyi 80 - 3.500 hz. Nah, suara vokal atau penyanyi yang sering kita dengar ketika sistem audio digunakan merupakan salah satu hasil bunyi dari woofer.

Adapun yang disebut subwoofer yang kebanyakan berfungsi menggunakan bantuan amplifier. Hal ini dilakukan agar subwoofer memiliki tenaga yang cukup besar. Perangkat ini memiliki frekuensi yang lebih rendah dari woofer yaitu 20-80 Hz.

Tweeter pada pilar A, biasanya posisi ini ada pada mobil yang menggunakan sistem two way (Foto: Wandha/KO)

Masuk ke pembagian, umumnya benerapa mobil standarnya sudah menganut penggunaan speaker tweeter dan midbass/woofer. Sistem yang terdiri dari dua jenis speaker ini disebut 2 way.

Cara penghitungannya dilihat dari satu area, misalnya kita lihat pintu sebelah kanan terdapat dua speaker. Biasanya pada panel A atau pilar pintu bertengger speaker berukuran kecil yaitu tweeter, kemudian di bagian bawah atau umumnya pada door trim terdapat woofer.

Baca Juga: Kenali Fungsi, Tipe Dan Cara Pilih Speaker Mobil, Simak Nih !

"Di belakang pun sudah tweeter dan midbass, jadi two way. Total untuk speaker depan dan speaker belakang, kiri dan kanan sudah menggunakan 8 speaker," jelas Harten selaku instalatur Audio Tones.

Pembagian berlanjut lagi dan semakin banyak, masing-masing speaker akan menghasilkan suara dengan frekuensi beragam. Jika sebelumnya hanya ada tweeter dan woofer, untuk sistem 3 way ada tambahan midrange.

Fungsi midrange biasanya untuk memperjelas vokal penyanyi atau menambah detail suara musik. Sistem ini biasanya terdapat pada mobil-mobil premium, contohnya pada varian Mercedes-Benz seri atas.

"Jarang mobil yang pakai 3 way, sistem seperti ini biasanya di Hyundai Santa Fe dan Mercedes-Benz SL 500," tutup Harten.