POPULAR STORIES

Kenali Fungsi, Tipe Dan Cara Pilih Speaker Mobil, Simak Nih !

Kenali Fungsi, Tipe dan Cara Pilih Speaker Mobil, Simak Nih ! Foto: Kipli

KabarOto.com - Meng-upgrade audio mobil saat ini merupakan sebuah kebutuhan bagi banyak orang dan dianggap bagian penting di dalam sebuah mobil.

saat ingin mengupgrade Audio mobil, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan konsumen. Audio mobil terdiri dari beberapa tipe, ukuran,dan jenis yang berbeda. banyak pilihan audio canggih dari berbagai merk. sebagai bahan pertimbangan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih produk audio atau speaker pada mobil mobil.

"Terdapat 2 tipe speaker yaitu Speaker Full-Range dan Component speaker. Speaker model Full-Range memproduksi audio dalam satu wadah. Sedangkan speaker yang terdiri dari midbass, tweeter, serta woofer di sebut speaker komponen, tipe ini cocok untuk orang yang mau lebih baik lagi dalam hal produksi suara. karena perlu proses instalasi yang harus lebih professional karena jumlah speaker yang lebih banyak," jelas Edward, Brand Manager Dynaudio Indonesia.



Menurutnya, dalam memilih sebuah speaker perlu diperhatikan Speaker Sensitivity yang digunakan untuk mengukur bagaimana mencari amplifier yang cocok.

Baca Juga: PAHAMI Bakal Gelar Program Menarik Di IIMS 2019

"Semakin tinggi nilai sensitivitas, semakin keras speaker anda. Ukuran sensitivitas speaker sekitar 86 dB hingga 92 dB. speaker dengan nilai sensitivitas 92dB dianggap sangat baik dalam hal efisiensi," lanjutnya.

Ia bilang hal lain yang perlu menjadi pertimbangan saat membeli audio adalah Penanganan Daya (Power Handling) yang memungkinkan anda mengetahui seberapa besar amplifier yang di perlukan. Jumlah daya biasanya diukur dalam satuan watt. Efek sampingnya, speaker Sobat Kabaroto mungkin akan rusak jika memiliki daya amplifier yang berlebihan.

"2 way atau 3 Way Speaker bisa menjadi pertimbangan dalam memilih audio mobil. 2 way speaker adalah speaker yang terdiri dari dua buah tweeter yang merupakan komponen audio yang berperan menyemburkan suara dengan frekuensi tinggi, dua midbass yang berperan menghasilkan nada menengah dalam sebuah sistem audio, dan terdiri dari dua x-over yang bertugas memilah suara agar tidak ada 2 suara yang saling bertindih," terang Edward.

"Lalu ada 3 way speaker, adalah speaker yang terdiri dari midrange yang berfungsi untuk menangkap suara dengan frekuensi tinggi yang tidak dapat ditangkap oleh tweeter atau midbass," jelasnya.