POPULAR STORIES

Jenis Speaker Beragam Dari Suara Yang Dikeluarkan, Ketahui Bedanya

Jenis Speaker Beragam dari Suara yang Dikeluarkan, Ketahui Bedanya

KabarOto.com - Sejak dulu kendaraan khususnya roda empat sudah dikeluarkan dengan fitur hiburan, setidaknya untuk menikmati lagu-lagu kesayangan. Seluruh perangkat audio biasa dikenal dengan speaker, sehingga apapun benda yang mengeluarkan suara memiliki sebutan yang sama.

Pada umumnya speaker bawaan OEM pabrikan memasang satu head unit, dua speaker depan, dan dua sepaker belakang. Semakin tinggi tipe mobilnya biasanya perangkat audionya lebih variatif. Ternyata speaker mobil memiliki beberapa bagian, Sob.

Baca Juga: Mau Upgrade Sistem Audio Mobil? Intip Nih Subwoofer Terbaru Dari Ground Zero

Tipe speaker terdiri dari tiga jenis, pertama tweeter. Speaker ini memiliki ukuran yang kecil, hanya sekitar satu inci. Biasanya berbentuk bulat atau segitiga dan posisinya ada di panel pintu atau pilar A. Tweeter merupakan speaker yang memiliki frekuensi tinggi yaitu 3.500 hz sampai 10 Khz.

"Tapi tidak memungkiri yang dijual aftermarket ukurannya lebih besar, ada yang sampai 4 inci dan berbentuk kotak. Kalau bentuknya kotak tidak dihitung secara diameter, tetapi diagonal," jelas Harten selaku instalatur Audio Tones.

Berkat frekuensinya yang tinggi, tweeter mampu mengeluarkan bunyi suara yang tinggi atau berdenting. Misalnya suara simbal atau suara dentingan alat musik lainnya.

Tweeter (Foto: Wandha/KO)

Selanjutnya woofer atau midbas, tipe speaker ini mampu menghasilkan suara yang bermain di bass tinggi dan bass rendah dengan frekuensi bunyi 80-3.500 hz. Bass rendah akan mengeluarkan suara dengung, sementara bass tinggi seperti suara pukulan. Tidak hanya suara alat musik, woofer juga bisa menghasilkan suara vokal atau manusia.

Woofer biasanya berukuran 6 inci, dimana semua kendaraan roda empat dilengkapi dengan speaker ini. Pasalnya, woofer mampu mengeluarkan suara dengan jarak frekuensi yang cukup panjang dan mampu mencakup berbagai jenis suara.

Baca Juga: Flux Tawarkan Paket Upgrade Audio Untuk Semua Mobil

Subwoofer (Foto: Wandha/KO)

"Tidak menutup kemungkinan woofer juga bisa menghasilkan suara vokal atau suara manusia. Karena woofer bermain di suara mid-range atau area tengah, itu suara-suara yang kecenderungannya area suara manusia," tambahnya.

Mungkin Sobat KabarOto juga sering mendengar adanya perangkat audio subwoofer. Tipe ini memiliki frekuensi 20-80 Hz.

Subwoofer kebanyakan berfungsi menggunakan bantuan amplifier, hal ini agar subwoofer memiliki tenaga yang cukup besar. Subwoofer biasa mengeluarkan gebukan suara bas yang lebih rendah dari pada woofer atau midbass. Ukurannya juga bermacam-macam, mulai dari 8 inci, 10 inci, hingga 12 inci. Subwoofer biasanya menggunakan boks speaker tambahan sesuai dengan volume kubikasi yang sesuai dengan karakter subwoofer tersebut.

Kebanyakan pabrikan kendaraan roda empat pada umumnya jarang yang menambahkan perangkat ini. Beberapa mobil keluaran merek tertentu ada yang menggunakannya, seperti Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate Edition.