POPULAR STORIES

4 Perawatan Yang Bisa Diterapkan Agar Cat Bodi Mobil Awet

4 Perawatan yang Bisa Diterapkan Agar Cat Bodi Mobil Awet 4 Perawatan yang Bisa Diterapkan Agar Cat Bodi Mobil Awet (Kipli/ KO)

KabarOto.com - Tak hanya sekadar perawatan mesin mobil, penampilan eksterior dan interior pun tentu saja butuh diperhatikan. Penampilan mobil yang kusam dan pudar tentu saja membuat mobil kurang menarik atau tidak enak dipandang.

"Pencucian mobil wajib dilakukan dengan teratur, ya minimal satu minggu sekali. Selain itu, untuk menjaga kilau warna mobil, dapat melakukan paint protection pada permukaan bodi mobil," ujar Reeza Budhisurya, Director PT Granton Marketing (Optimo Indonesia).

Menurutnya, peranan dari paint protection ini untuk melindungi cat mobil Sobat dari cahaya matahari, debu, air hujan, dan lainnya yang bisa memudarkan warna pada cat mobil. Berikut merupakan jenis paint protection mobil paling baik yang direferensikan untuk cat kendaraan.

Wax

"Salah satu paint protection paling baik yang bisa dipakai untuk mobil itu Wax, dia (wax) ini punya karakter yang sesaat, bertahan sekitar 2 minggu sampai 6 bulan," ujarnya.

Apalagi bila mobil sering dicuci atau seringkali terserang tetesan hujan, maka semakin menyebabkan lapisan Wax jadi lebih cepat sirna dan membuat penampilan mobil kusam.

Baca Juga: PDV Detailing Punya Paket Coating Ekonomis

Wetgloss

"Paint protection paling baik yang lain adalah Wetgloss, namun pemakaian pelindung cat ini termasuk mahal di Indonesia. Serta kisarannya bisa mencapai Rp 20-80 juta tergantung dari tipe dan kesusahan dalam proses penyelesaiannya," bebernya.

Nano Ceramic

Pelindung cat mobil nano ceramic ini adalah teknik yang lumayan banyak dipakai sebab membuat mobil terproteksi dengan adanya lapisan kaca yang mengeras pada permukaan mobil. Tipe paint protection ini punya kualitas yang relatif baik, sebab bisa bertahan sampai periode waktu yang lama.

Baca Juga: VeSPA.pamulang, Cuci Skuter Vespa Antik Ala Detailing

Bahan penting yang dipakai dalam proses penyelesaiannya ialah keramik. Dengan lapisan keramik ini, Sobat klaimnya tidak kewalahan dalam perawatan mobil. Serta membersihkan mobilnya juga tidak memerlukan teknik spesial.

Protection Film

Keunggulan dari paint protection ini bila dibanding dengan wax adalah pelindung cat yang bisa bertahan dalam periode waktu yang lama. Diluar itu protection film ini juga tahan pada noda dan tidak memerlukan perawatan yang cukup sulit.

"Meski demikian, harga pelindung cat mobil ini cukup mahal, hingga anda kemungkinan butuh menabung untuk melapisi bahan ini pada semua permukaan cat mobil," katanya.