POPULAR STORIES

5 Hal Penting Yang Perlu Diketahui Ketika Mengendarai Motor Listrik Honda EM1 E:

5 Hal Penting yang Perlu Diketahui Ketika Mengendarai Motor Listrik Honda EM1 e: Motor Listrik Honda EM1 e: (Foto: Kipli/KabarOto)

KabarOto.com - Astra Honda Motor (AHM) resmi memasarkan motor listrik perdananya yakni EM1 e: dan EM1 e: PLUS dengan tambahan aksesori. Bagi Sobat yang berminat untuk meminang atau bahkan sudah memilikinya, ada baiknya ikuti panduan AHM di bawah ini.

Yang Harus Dipahami Ketika Menggunakan Honda EM1 e:

1. Pelajari Kapasitas dan Fitur Baterai Motor Listrik

Sebelum memulai perjalanan, pastikan baterai Honda EM1 e: telah terisi penuh untuk mendukung aktivitas berkendara konsumen. Honda EM1 e: dilengkapi fitur Power Limitation, fitur ini secara otomatis mengelola output tenaga saat sepeda motor berada di kondisi suhu yang ekstrem, membantu memperpanjang usia komponen elektrik, dan menghindarkan motor mati karena masalah suhu.

Baca Juga: Astra Honda Motor Dirikan Safety Riding Khusus Pengguna Motor Listriknya

2. Pelajari Karakter dan Fitur Keselamatan Pada Sepeda Motor Listrik

Pahami karakter dan fitur-fitur keselamatan pada sepeda motor listrik untuk memastikan konsumen selalu merasa aman saat berkendara. Untuk keselamatan konsumen, Honda EM1 e: dilengkapi dengan beragam kemudahan berkendara dan fitur keselamatan.

  • Fitur Power Limitation, yang secara otomatis mengelola output tenaga saat sepeda motor berada di kondisi suhu yang ekstrem seperti suhu yang terlampau tinggi atau saat daya berada di sekitar 10%. Sensor dalam fitur ini membantu memperpanjang usia komponen elektrik dan menghindarkan motor mati karena masalah suhu, menjadikan pengendara merasa aman dan tenang saat berkendara.
  • Bank Angle Sensor yang akan menonaktifkan tenaga listrik saat motor berada pada kemiringan melebihi 60 derajat, memberikan keamanan ekstra saat situasi darurat terjadi.
  • Sistem pengereman ganda pada Honda EM1 e: memberikan kontrol pengereman yang optimal, mengurangi potensi bahaya roda belakang terkunci saat hard braking.
  • Indikator side stand pada EM1 e: memberikan pengingat visual saat standar samping diturunkan, sehingga pengendara tidak lupa melipat standar samping sebelum memulai perjalanan.

Baca Juga: Profil Honda RC213V 2024, Motor MotoGP Luca Marini & Joan Mir Yang Diboyong Ke IIMS 2024

3. Tentukan Rute Perjalanan

Pastikan rute berkendara konsumen sesuai dengan daya jelajah sepeda motor listrik. Ketahui jarak tempuh yang dapat ditempuh dengan satu kali pengisian baterai untuk menghindari kehabisan daya di tengah jalan.

Gunakan GPS atau navigasi digital untuk mengetahui kondisi kepadatan jalanan dan rute alternatif menuju tujuan. Dengan memastikan rute sebelum berkendara, pengendara dapat lebih tenang dan fokus di jalan raya.

4. Gunakan Perlengkapan Keselamatan Berkendara

Pastikan selalu mengenakan helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu pelindung untuk menjaga keselamatan konsumen jika terjadi situasi darurat.

Pemilihan perlengkapan berkendara juga perlu disesuaikan dengan ukuran, kenyamanan, dan standar keselamatan yang berlaku sehingga dapat melindungi pengendara di jalan raya.

Disarankan menggunakan perlengkapan berkendara dengan warna yang cerah agar dapat meningkatkan visibilitas dari pengendara sekitar, mengingat sepeda motor listrik minim suara.

5. Perhatikan Lingkungan Sekitar

Selalu awasi kendaraan di sekitar dan manfaatkan kaca spion dengan bijak, mengingat sepeda motor listrik minim suara dan getaran. Karakter yang berbeda ini perlu diantisipasi pengendara untuk selalu menjaga jarak yang tepat dengan pengendara lain dan mengontrol kecepatan berkendara yang aman untuk diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya.