POPULAR STORIES

Profil Honda RC213V 2024, Motor MotoGP Luca Marini & Joan Mir Yang Diboyong Ke IIMS 2024

Profil Honda RC213V 2024, Motor MotoGP Luca Marini & Joan Mir yang Diboyong ke IIMS 2024 Profil Honda RC213V 2024, Motor MotoGP Luca Marini & Joan Mir yang Diboyong ke IIMS 2024 (Kipli)

KabarOto.com - Honda RC213V kini jadi andalan pembalap baru Joan Mir dan Luca Marini di MotoGP musim 2024 ini. Hadir di IIMS 2024, jadi pusat perhatian, karena ini tunggangan perdana mereka di musim balap tahun ini.

Motor balap tersebut dipajang oleh Astra Honda Motor (AHM) di booth khusus yang terpisah dari motor-motor produksi masal lainnya. Sobat tetap dapat berfoto bersama motor itu dari jarak dekat. Nah, seperti apa spesifikasinya?

Tenaga puncak Honda RC213V diklaim lebih dari 241 dk, namun sengaja dirahasiakan untuk kepentingan rivalitas di lintasan balap. Modifikasi dari tim Honda Racing Corporation (HRC) dilakukan dengan berbagai cara, untuk meningkatkan keseimbangan antara tikungan dan stabilitas trek lurus.

Baca Juga: Pembalap Aprilia Senang Dengan Performa RS-GP Terbaru

Sasisnya menggunakan aluminum twin-spar yang ringan, namun memberikan karakteristik kaku dan memaksimalkan transfer tenaga dari mesin ke roda belakang. Rumornya, sejak hengkangnya Marc Marquez ke Gressini Racing, motor ini telah mengalami ubahan bobot lebih ringan 8 kg.

Selain kekuatan, rangka punya fleksibilitas yang dikalibrasi dengan sangat cermat, untuk memaksimalkan cengkeraman ban. Mesinnya memiliki konfigurasi V4 DOHC 16 klep berpendingin cairan, dan memiliki kapasitas 1.000 cc.

Baca Juga: BMW R12 Punya Banderol Rp775,9 Juta Di IIMS 2024, Intip Profilnya

Urusan suspensi, HRC mempercayakan merek Ohlins sebagai peredam kejut, dipasang ke bagian depan dan belakang Honda RC213V. Mereka juga punya teknisi Ohlins khusus, yang bertugas melakukan setting suspensi.

Bodywork MotoGP kini menggunakan winglet menyerupai tim Ducati demi downforce yang baik, juga livery yang berbeda sejak kedatangan duo pembalap tersebut.

Ban MotoGP dipasok secara eksklusif oleh Michelin. Sedangkan pengeremannya menggunakan material serat karbon dari pabrikan Brembo, diklaim terbaik hingga saat ini. Dalam kondisi tertentu, saluran pendingin terkadang ditambahkan untuk membantu mengatur suhu rem.