POPULAR STORIES

5 Langkah Mudah Agar Rem Mobil Tetap Prima

5 Langkah Mudah agar Rem Mobil Tetap Prima Minyak Rem (KabarOto/Edo)

KabarOto.com – Rutin menjaga kadar minyak rem dalam volume tepat merupakan hal yang sangat penting. Tujuannya agar sistem pengereman mobil selalu dalam kondisi prima.

Pada dasarnya, pengecekan dan pengisian rutin minyak rem mobil, dapat dilakukan dengan mudah. Bahkan, tak perlu ke bengkel karena bisa dilakukan sendiri.

Perlu juga memahami spesifikasi standar mengenai jenis DOT yang digunakan mobil. “Jangan sampai salah memasukkan minyak rem dengan DOT yang berbeda,” ucap Lintang dari Private Tunner.

Lalu langkah apa yang harus dilakukan dalam memeriksa kondisi minyak rem mobil Anda, simak tipsnya :

1. Parkirkan mobil Anda pada permukaan yang datar, dan pastikan mesin dalam kondisi mati.

2. Setelah itu buka kap mesin dan temukan tabung reservoir minyak rem. Pada mobil, reservoir ini biasanya berbentuk kotak kecil, dengan tutup berwarna gelap.

Namun, di beberapa mobil, ada yang menggunakan warna terang. Biasanya reservoir ini terletak di dekat ujung atas bagian pengemudi pada ruang mesin.

Tabung Reservoir Minyak Rem

3. Jika kadar minyak rem lebih rendah dari tanda garis minimum, berarti saatnya untuk menambahkan minyak rem baru dengan DOT yang sesuai.

4. Bila minyak rem lama sangat berkurang atau justru habis, ini pertanda adanya masalah dengan sistem rem secara keseluruhan, misalnya ada kebocoran, atau kampas rem yang sudah aus.

Baca juga: Mesin ‘Pincang’ di Pagi Hari? Mungkin Ini Sebabnya

5. Lalu perhatikan warna minyak rem. Bila kondisinya masih bagus, warnanya akan terlihat jernih. Namun bila sudah berwarna cokelat atau hitam, lebih baik segera lakukan pengurasan, dan mengisinya dengan minyak rem baru.