Mesin ‘Pincang’ Di Pagi Hari? Mungkin Ini Sebabnya

Mesin ‘Pincang’ di Pagi Hari? Mungkin Ini Sebabnya Mesin 'pincang' banyak penyebabnya (Foto: Kipli)

KabarOto.com – Dari sekian banyak penyakit mobil yang sering dijumpai adalah ‘pincang’ di pagi hari saat pertama kali dinyalakan. Pincang dalam hal ini, mesin menyala tak biasa karena bergetar, ritmenya lebih pelan seperti ada hambatan, sebelum akhirnya kembali normal dalam beberapa detik.

Jika Anda mengalaminya, dipastikan ada yang harus dicek pada komponen mesin mobil Anda. Jika mesin mobil termasuk canggih, ECU (komputer) akan menyesuaikan dengan komponen yang tidak normal, lalu saat kembali normal, ECU akan mengembalikan ke perintah standar.

Baca Juga: Catat, Begini Tanda Busi Mulai Bermasalah

”Kondisi ini akan kembali normal lagi setelah beberapa saat. Tapi jika dibiarkan semakin lama, gejala aneh itu akan merembet ke berbagai komponen lain dalam jangka waktu yang tidak bisa ditebak,” jelas Agus Ibnu Fajar, pemilik bengkel Berkah Jaya Abadi, spesialis mobil Korea yang juga mengerjakan segala merek di BSD, Tangerang Selatan, (13/3/2018).

Berikut penyebab mesin ”pincang” saat pagi hari:

1. Pompa bahan bakar.

Saat tekanannya di bawah normal (2,55 kg), berarti pompa tidak bisa menyuplai bahan bakar dengan jumlah semestinya. Mesin pun ”ngadat” sesaat.

2. Saringan bahan bakar tersumbat.

Suplai bahan bakar tidak lancar saat pertama kali dinyalakan. Coba bersihkan atau mengganti saringan bahan bakar.

3. Tersumbatnya lubang-lubang injektor.

Biasanya karena kotoran dari fuel pump yang terangkat, lama-lama akan menumpuk. Atau dari sisa-sisa pembakaran di ruang bakar.

4. Pengapian yang tidak sempurna.

Hal ini disebabkan koil tidak berfungsi secara maksimal. Akibatnya, busi tidak memercikkan bunga api secara maksimal.

5. Aliran udara yang tersumbat karena kotornya saringan udara atau kotornya thottle body.

6. Kemungkinan terakhir, Idle Sspeed Control/ (ISC) valve juga tersumbat. Saat membawa ke bengkel, usahakan semua bagian itu dicek dengan seksama. Jika ditemukan kelainan, dipastikan itulah penyebab mesin ”ngadat” sesaat di pagi hari, atau banyak dikenal dengan ”pincang”.