5 Mobil Yang Masih Laris Di Zaman Now

5 Mobil yang Masih Laris di Zaman Now 5 Ikon Mobil Masa Lalu (Foto: Istimewa)

KabarOto.com- Meski banyak mobil baru bermunculan di Indonesia, namun mobil-mobil yang lahir di era 1990an masih banyak diminati. Selain untuk kendaraan pribadi, beberapa mobil yang akan kabaroto rangkum juga digunakan untuk mendukung bisnis dan ekonomi.

Mobil-mobil itu dirasakan awet dan mesinnya tidak rewel. Eksteriornya juga kuat, bahkan jika bersenggolan dengan mobil jaman sekarang, bisa dikatakan tingkat kerusakannya sangat kecil. Berikut mobil-mobil keluaran tahun 90an yang masih laris di zaman now.

1. Toyota Corolla

Kendaraan pribadi yang cukup populer di kalangan anak muda zaman dulu, adalah mobil sedan. Wujudnya yang keren plus anak muda banget, juga menjadi daya tarik bagi sebagian pecinta otomotif di Indonesia.

Di antara beragam jenis sedan ini Toyota Corolla E20 cukup populer menjadi pilihan di era 70an. Punya versi dua pintu dan empat pintu, di Indonesia sendiri yang disebut belakangan menjadi idola. Tidak tanggung-tanggung mobil yang satu ini bahkan mendapat nama lokal yakni Corbet yang merupakan kependekan dari Corolla Betawi.

Popularitas sedan kreasi pabrikan asal Jepang ini pun berlanjut di tahun 1980an Toyota Corolla DX menjadi sukses besar tidak hanya di Indonesia tapi juga di dunia. Di pengujung 1980-an Toyota kembali menggebrak melalui mobil generasi keenam dan ketujuhnya melalui Toyota Corolla GL dan SE yang sampai sekarang masih bisa kamu temukan berkeliaran di jalanan. Toyota sebenarnya terus mengembangkan sedan jagoannya ini melalui Toyota Corolla Altis yang masih eksis sampai sekarang.

(Baca Juga: Gaikindo Yakin Penjualan Mobil Tahun ini Stabil)

2. Suzuki Carry

Suzuki Carry adalah mobil angkutan kota alias angkot atau mikrolet yang masih sering kita lihat berseliweran di jalan raya. Meski dewasa ini mulai banyak varian mobil lain yang dipakai untuk menjadi kendaraan umum ini rasanya Suzuki Carry masih menjadi pilihan utama untuk jadi “mobil 46”.

Memiliki kapasitas yang mampu menampung banyak orang dan mesin bandel membuat mobil ini menjadi pilihan yang tepat jika kita bicara tentang transportasi massal untuk penumpang.

(Baca Juga: Penjualan Mobil Listrik Terus Meningkat)

3. Mitsubishi Colt Diesel

Bagi kalian yang sehari-harinya senang berinteraksi di jalan, tentu sudah tidak asing lagi dengan penampakan truk berwarna kuning. Ya, salah satu model truk legendaris di Indonesia itu adalah Mitsubishi Colt Diesel.

Sejak generasi pertama yang lahir pada tahun 1979, mobil ini juga sudah mengalami beragam ubahan pada spesifikasi dan fitur. Yang terbaru mesinnya sudah menggunakan 4 silinder sejajar 3.908 cc yang mampu menghasilkan beragam tenaga mulai dari 98 sampai 134 daya kuda (dk) pada 2.900 rpm. Untuk bak pun Mitsubishi Colt Diesel menyediakan beberapa pilihan ukuran dan jenis.

Hampir empat abad mobil komersial yang satu ini menjadi andalan terutama bagi penggiat bisnis. Bukan apa-apa, selain durabilitasnya yang tidak perlu ditanyakan lagi, kekuatan dan kemudahan perawatan yang ditawarkan Mitsubishi Colt Diesel membuat mobil ini sangat dominan di kelasnya. Tak heran baru-baru ini truk paling eksis di Indonesia ini berhasil mencetak rekor penjualan 1 juta unit di Indonesia.

4. Toyota Avanza

Bicara tentang mobil di Indonesia, janggal rasanya jika tidak membahas ‘mobil sejuta umat’. Selama jalan masih muat untuk satu mobil rasanya kamu bisa menemukan Toyota Avanza di Indonesia.

Cukup banyak terbantu dengan kelahiran MPV produksi Jepang ini, Toyota Avanza seperti menjadi idola baru bagi keluarga-keluarga di Indonesia yang memimpikan kendaraan multifungsi yang ekonomis.

Yang membanggakannya lagi, hampir 100 persen komponen yang digunakan dalam memproduksi Toyota Avanza sudah diproduksi secara lokal. Hingga saat ini, mobil tiga baris kursi itu 90 persen komponennya diproduksi di dalam negeri.

5. Toyota Kijang

Sejak diluncurkan pada tahun 1977, Toyota Kijang terus berevolusi hingga sekarang berubah wujud ke multi-purpose vehicle (MPV) kelas menengah yang menjadi primadona bahkan bisa dibilang sudah melegenda.

Tentu untuk bertahan selama 40 tahun di industri otomotif Indonesia bukanlah hal yang mudah. Berawal dari program Kendaraan Bermotor Niaga Sederhana (KBNS) yang dilihat Toyota sebagai peluang. Benar saja generasi kedua mobil disulap menjadi kendaraan multiguna yang tidak hanya menjadi mobil niaga tapi juga bisa mengangkut penumpang yang kemudian melahirkan segmen MPV ini sendiri.

Sejak generasi kelima, Kijang Innova karya PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mulai diekspor ke beberapa negara di beberapa negara. Saat ini, ekspor Toyota Kijang Innova berada di angka 1.400 unit per bulan dan menyasar 29 negara di Asia, Afrika, Amerika Latin, Karibia, Oseania, dan Timur Tengah.