5 Penyebab Motor Injeksi Boros dan Solusinya

Dimas Satrio Utomo
Dimas Satrio Utomo 28 Dec 2017 - 17:00
5 Penyebab Motor Injeksi Boros dan Solusinya
Mesin motor injeksi (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Motor-motor keluaran terbaru hampir seluruhnya sudah menggunakan sistem injeksi. Namun, banyak pengguna sepeda motor injeksi mengeluhkan borosnya bahan bakar. Apa penyebabnya?

KabarOto.com akan berbagai info penyebab borosnya bahan bakar pada motor dengan sistem injeksi, berikut penyebab dan solusinya.

1. Kebocoran Selang Bensin

Penyebab borosnya bahan bakar pada motor injeksi yang pertama adalah adanya kebocoran pada selang bahan bakar. Selang ini jarang sekali mengalami kebocoran, kecuali terkena benda tajam, radiasi panas dari mesin atau salah jalur. Kebocoran yang terjadi pada selang bensin dalam bentuk rembesan. Jika anda tidak jeli, rembesan ini akan menjadi sebuah lubang yang bisa mengalirkan bahan bakar keluar dari sistem. Dan bukan hanya boros saja akibatnya, tapi aspek keselamatan dipertaruhkan disini ketika bahan mudah terbakar karena bahan bakar tercecer di area mesin.

Anda harus sering memeriksa bagian selang bahan bakar dari tanki sampai ke injektor. Jika terdapat rembesan, maka itu menandakan adanya kebocoran bensin, anda harus segera melakukan penggantian selang. Untuk sementara anda bisa membalutnya dengan kain atau isolatip kabel agar rembesan tidak menyebar ke area mesin.

Editor : ballian