POPULAR STORIES

Perhatikan, Ini Penyebab Fuel Pump Motor Injeksi Rusak

Perhatikan, Ini Penyebab Fuel Pump Motor Injeksi Rusak Fuel Pump yang terdapat pada motor injeksi (Foto: Wahana Honda)

KabarOto.com - Sepeda motor baru, saat ini tidak lagi menggunakan sistem karburator, diganti menggunakan injeksi. Teknologi ini memerlukan fuel pump, fungsinya untuk menghisap bahan bakar. Perannya sangat penting, menyalurkan bahan bakar ke injektor sesuai porsi. Selain itu menjaga tekanan bensin agar tetap tinggi. Namun, yang harus diperhatikan, ada beberapa faktor penyebab fuel pump motor injeksi rusak.

Sebenarnya, fuel pump bisa bertahan hingga lima tahun, jika digunakan secara normal. Syaratnya, menjaga volume bahan bakar, yang sampai kosong, minimal setengah.

Baca Juga: Cara Mengetahui Gejala Rusak Fuel Pump Mobil Injeksi

"Fungsi Fuel pump dapat melemah, karena usia pakai dan kebiasaan membiarkan bensin dalam tangki kosong," terang Wahyu Budhi, Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati, main diler sepeda motor Honda, Jakarta dan Tangerang, beberapa waktu lalu.

Fuel Pump sepeda motor (Foto: Federal Oil)

Selain tangki kosong, faktor lain adalah terdapat sumbatan kotoran, karena kualitas bahan bakar tidak baik. Penyebab lainnya, adalah endapan bahan bakar di tangki, karena motor jarang dipakai dan mesin tidak dipanaskan.

Penyebab lainnya, motor selalu digunakan dalam waktu lama, dan secara tidak langsung, akan melemah. "Untuk menghidari kerusakan pada fuel pump, ada pakailah bensin berkualitas, serta memanaskan motor secara rutin jika jarang dipakai," tambah Wahyu Budi.

Baca Juga: Penggantian Fuel Pump Gratis, Honda Minta Konsumen Segera Ke Bengkel

Apabila terjadi tanda-tanda fuel pump melemah, segera diganti, baha segera ke bengkel resmi, minta mekanik untuk menggantinya. Biasanya, ini bisa terdeteksi saat servis rutin.